[Culinary] Phuket Thai Resto Jogja


Kalo kemaren saya sudah nge-review tentang tempat kuliner dengan taste India kayak Sharmila dan Sangam, kali ini pengen nge-review tentang tempat kuliner dengan taste Thailand di Jogja. Namanya Phuket Resto.

Phuket Resto di Jogja pertama kali dibuka di dekat jembatan layang Lempuyangwangi sekitar tahun 2006. Pemiliknya bernama Pak Joschy. Pada saat itu, kedai Phuket masih sangat sederhana sekali, hanya ada 9 meja makan plus kursi dari bambu. Dindingnya sengaja dibuat dari gedek semi terbuka.

Kalo lewat siang hari, kedainya ga terlihat. Soalnya kalo siang dipake buat usaha cuci motor 😉 Nah, barulah kalo malam hari, coba ajah lewat UKDW ke arah jembatan layang, cari tempat makan paling rame, itu pasti Phuket!

Saya inget banget, dulu kalo mau makan di Phuket, mesti sabar karena saking ramenya, kadang ga kebagian tempat duduk. Udah sabar menunggu, eh menu yang diharapkan malah habis. Duwh!  Kalo lagi bayar di kasir, gambar yang tak terlupakan adalah sebuah foto besar HB X dengan Bumibol, raja Thailand.

Beberapa tahun yang lalu, Phuket Resto buka cabang di dekat tempat tinggal saya. Tepatnya di Jalan Ring Road Utara, Ruko Pandega Permai No.5 Yogyakarta, di sebelah Inul Vizta. Semenjak Phuket Resto buka di ring road, saya lebih suka makan di tempat ini daripada harus jauh-jauh ke Phuket Resto yang dekat jembatan layang Lempuyangwangi. Yang menyenangkan lagi, Phuket Resto di Ring Road jauh lebih bagus dan lebih bersih, kalo udah kenyang makan, tinggal mlipir buat ngopi di Bengawan Solo Café atau karoke-an di Inul Vizta. Mantaph khan!

suasana di Phuket Resto di ring road utara
suasana di Phuket Resto di ring road utara
suasana di Phuket Resto di ring road utara
suasana di Phuket Resto di ring road utara

Menu yang ditawarkan oleh Phuket Resto kebanyakan adalah menu Thailand Selatan, yang konon kabarnya lebih banyak dihuni oleh ras melayu, makanya makanannya cocok untuk lidah orang Indonesia.

Menu yang paling terkenal, tentu saja Tom Yam. Selain itu bermacam-macam olahan ayam, sapi dan seafood. Hampir semua menu yang ada di Phuket, saya sudah pernah mencoba. Rasanya kok ga ada yang saya ga doyan ya 😉

Terakhir, setelah seharian mengikuti acara Jogja Japan Week 2012 di Jogja Nasional Museum, saya dan teman-teman sempat mampir ke Phuket Resto yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No.240 Tegalrejo Yogyakarta. Setelah beberapa kali makan di tempat ini, saya kok jadi berpikir kalo yang di tegalrejo ini tempatnya lebih okeh daripada yang ada di Ring Road, mungkin karena Phuket Resto yang di Tegalrejo ini tempatnya jauh lebih luas hingga bisa menampung lebih banyak pembeli.

Kebetulan sebagai menu makan siang, kami memesan beberapa menu standar seperti kerang hijau masak daun kemangi dengan harga 19.500 per porsi, tom yam seafood dengan harga 27.500 per porsi, dan omelet kerang jamur seharga 13.500 per porsi.

Tom Yam Seafood
Tom Yam Seafood
kerang hijau masak daun kemangi
kerang hijau masak daun kemangi
omelet kerang jamur ala Phuket Resto Jogja
omelet kerang jamur ala Phuket Resto Jogja
kerang hijau masak daun kemangi
kerang hijau masak daun kemangi yg bikin ngencesss 😉

Harga Phuket Resto tidak terlalu mahal, standarlah untuk ukuran Jogja. Toh, sebanding kok dengan porsinya yang besar. Untuk semua menu yang kami pesan plus nasi dan beberapa minuman, kami menghabiskan sekitar 80ribu rupiah. Kalo makannya rame-rame, beban finansialnya jadi ga terlalu berat kan 😉

tampang kekenyangan ;-)
tampang kekenyangan 😉
bu dokter lagi mikir ttg travelling ke japan ;-)
bu dokter lagi mikir ttg travelling ke japan 😉
bu dokter spesialis bedah yg satu ini lg mumet mikir harga VCD artis Jepang ;-)
bu dokter spesialis bedah yg satu ini lg mumet mikir harga VCD artis Japan 😉

Phuket Resto buka setiap hari dari jam 11 siang sampe jam 10 malam. Saking suksesnya, Phuket Resto telah membuka 4 cabang hanya untuk Jogja, bahkan katanya juga melebarkan sayap sampai ke Solo dan Semarang. Mantaph tenand!

–Selamat Mencoba–

Tulisan Terbaru:

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s