[Culinary] Ayam Goreng Mbok Sabar


Kalo kalian adalah penduduk local Jogja, pasti kenal rumah makan ini, Ayam Goreng Mbok Sabar. Ayam Goreng Mbok Sabar beralamat di dua tempat. Pertama, di jalan jagalan no.23 (dekat radio Retjo Buntung). Dan yang kedua, di jalan Magelang km.7 (depan Terminal Jombor).

Ayam Goreng Mbok Sabar
Ayam Goreng Mbok Sabar

Pas awal tinggal di Jogja, saya pernah nge-kost di daerah Lempuyangwangi. Dulu, kalo pas abis dapet kiriman uang bulanan pada tanggal muda, sering makan siang di Ayam Goreng Mbok Sabar yang di daerah Jagalan. Ayam Goreng Mbok Sabar terhitung mahal, karena pajak dibebankan pada konsumen. Menunya pun tidak variatif, hanya ayam goreng tersebut. Ajaib ya? Bagaimana mungkin sebuah rumah makan hanya menjual satu varian, tapi ngetop dan sukses banget!

Yang sering bikin terkaget-kaget adalah para waiter dan waitress yang ga pernah senyum pas melayani. Duh duh! Apa pada sakit gigi ya, susah banget buat senyum ;-(

Bertahun-tahun kemudian, karena saya sudah pindah kost ke bagian utara Jogja. Saya sudah tidak pernah menikmati lagi Ayam Goreng Mbok Sabar di daerah Jagalan tersebut.

Nah, cerita mulai berbeda semenjak saya bekerja. Kebetulan, pemegang konsumsi di kantor termasuk penggila Ayam Goreng Mbok Sabar. Jadi menu makan siang kalo ga Nasi Pecel Yu Sri, Gudeg, dan Ayam Goreng Mbok Sabar. Menunya berganti-ganti tiap hari. Tapi, yang pasti semua menu yang dipesan adalah makanan yang sesuai seleranya.

Pernah suatu kali, saya disuruh mengambil pesanan nasi kotak di Ayam Goreng Mbok Sabar. Kejadian ini membuat saya baru ngeh, kalo ternyata Ayam Goreng Mbok Sabar yang dimaksud teman kantor berlokasi di Jombor, bukan Jagalan. Ayam Goreng-nya memiliki rasa yang sama, tapi setidaknya khan saya ga perlu jauh-jauh ke daerah Jagalan buat mengambil nasi kotak.

Harga ayam goreng menthok (dada) Mbok Sabar seporsi 15ribu. Nasi Putih 3ribu. Lalapan 3ribu. Anehnya, jika kalian makan di tempat akan dikenai Pajak 10%. Tapi lucunya, kalo beli nasi kotak, cuma dikenai biaya 19.500 sekotak. Apalagi, kalo udah jadi langganan, bakal sering dapet diskon atau bonus beberapa kotak nasi kayak saya 😉

Bagaimana soal rasa Ayam Goreng Mbok Sabar, apa yang special?

Yang special dari Ayam Goreng Mbok Sabar adalah ayam-nya dibacem dulu sebelum di goreng. Konon, kenapa rasanya berbeda dari ayam bacem yang lain, letak rahasianya pada air kelapa yang digunakan untuk mem-bacem si ayam. Makanya gurih banget hingga ke semua lapisan.

Rasa manis dari ayam bacem ini bertubrukan dengan rasa sambel bajak yang sengaja dibuat sangat pedasss. Pokoknya Maknyuzzz! Perpaduan yang bikin ketagihan.

Kekurangan dari Ayam Goreng Mbok Sabar adalah tempat makannya tidak menarik dan tidak terlalu higienis. Semua tampak biasa-biasa saja. Menu minuman yang disediakan pun standar, kalo ga jeruk panas, ya teh panas. Ga neko-neko. Hingga kalian mencoba menu ayam gorengnya yang begitu special dan bikin ketagihan!

habis tandas ;-)
habis tandas 😉

Jika suatu saat kalian makan di sini. Jangan heran juga kalo pelayannya tidak ramah. Maklum saja, dan banyak-banyaklah bersabar. Khan namanya juga Ayam Goreng Mbok Sabar 😉

Tapi saya pribadi sih, lebih suka makan di Ayam Goreng Mbok Sabar yang di Jombor daripada yang di daerah Jagalan. Ayam Goreng Mbok Sabar yang di Jombor, selain lebih dekat dengan tempat tinggal, menurut saya pelayanannya jauh lebih ramah daripada yang ada di daerah Jagalan.

Eh, tapi mungkin saja, ini karena saya kerap pesan nasi kotak disini, jadi sudah dianggap sebagai langganan, makanya mereka lebih ramah. Huehehe 😉

Happy Culinary!

Tulisan Terbaru:

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s