[Culinary] Ayam Kremes Mbok Limbok Kuta Bali


Pas jalan-jalan ke Bali yang terakhir kemaren, sempet mampir mencoba kuliner di Rumah Makan Mbok Limbok. Di Bali, ada dua resto Mbok Limbok, pertama yang terletak di jalan Patih Jelantik no.10 Kuta, yang kedua terletak di jalan Dewi Sri no.33 Kuta. Kebetulan waktu itu saya diajak mencoba kuliner Mbok Limbok yang beralamat di jalan Dewi Sri.

mbok Limbok
mbok Limbok

Pertama masuk, saya langsung dihadapkan dengan rumah makan dengan berbagai macam benda seni. Rada bingung juga sich, ini rumah makan atau gallery? Kok dimana-mana ada barang-barang kerajinan terbuat dari kayu? Bahkan ada baju batik, aksesoris dan berbagai macam topi. Setelah mengamati satu per satu, ternyata ada label harganya. Owh dijual tho? *manthuk manthuk*

patung kayu di galery Mbok Limbok
patung kayu di galery Mbok Limbok

Saya dan rombongan dipersilahkan naek ke lantai dua. Lumayan terhibur melihat lilin-lilin berbentuk bunga di sepanjang anak tangga. Iiih unyu unyu banget sich!

bunga lilin
bunga lilin

Di dinding dipajang banyak tanda tangan dari artis-artis yang pernah datang berkunjung ke tempat ini. Hmm firasat hati mulai berkata, “wah koyone ngetop iki!”. Sambil baca-baca siapa ajah yang nulis, saya ambil kesimpulan: ayam kremes adalah makanan yang paling enak di sini!

testimoni
testimoni

Saya memesan beberapa makanan yang semuanya adalah ayam kampung super (entah kenapa dinamakan super, mungkin bersaudara dengan Superman). Saya pesan ayam kremes, ayam penyet, tempe tahu goreng, plencing kangkung, sayur asem, sambel mentah, lengkap dengan nasi dan jeruk panas.

ayam kremes Mbok Limbok
ayam kremes Mbok Limbok
ayam penyet Mbok Limbok
ayam penyet Mbok Limbok
tempe tahu kremes
tempe tahu kremes

Harus diakui bahwa ayam kremesnya benar-benar enaak! Mantaph 😉 Sangat direkomendasikan buat di coba. Ayam penyetnya juga enak. Tapi  saya tetep lebih suka ayam kremesnya. Tempe tahu gorengnya juga kriuk kriuk, yummy banget pokoknya! *ngences pas mbayangin*

plencing bayam
plencing bayam

Makanan yang paling ga okeh buat dicoba adalah plencing-nya. Kalo biasanya yang dibuat menjadi plencing adalah kangkung, ternyata di sini yang dijadikan plencing adalah bayam. Bayam yang dipilih adalah bayam yang memiliki tekstur berdaun lebar dan hijau tua, rasanya sedikit pahit di lidah, dan memang pada dasarnya saya juga ga suka bayam. Khusus yang ini, tidak saya rekomendasikan buat dicoba ;-(

Setelah mencicipi semua makanan, saya dan rombongan pun segera pulang. Eiitsss tunggu dulu, jangan lupa bayar! Hitung punya hitung, untuk rombongan saya sebanyak 20 orang, kami menghabiskan sekitar 2 juta 250ribu. Jeng jeng! *rogoh kantong dalam-dalam sambil tarik nafas dalam-dalam*

suasana di Mbok Limbok
suasana di Mbok Limbok

Pas proses hitung menghitung dan membayar inilah saya baru ngobrol dengan kasir dan kemudian beralih kepada mas-mas yang katanya pemilik Rumah Makan Mbok Limbok yang terletak di jalan Dewi Sri ini kalo ternyata pemilik dan pendiri Rumah Makan Mbok Limbok adalah orang Sleman.

Pertanyaan langsung berlanjut menuju kata-kata “Sleman-nya mana mas?”, kata saya. “Kalasan mbak”, kemudian mas-nya menyebut nama dusun di Kalasan, yang terletak dibelakang Resto Bale Bengong. Wuiiih coba sedari awal saya sudah tau kalo pemiliknya orang Kalasan, saya bakalan minta diskon besar. Apesnya tau info ini setelah bayar lunas semua makanan, masak mau ditarik lagi duitnya. Huft!

kasir di Mbok Limbok
kasir di Mbok Limbok

Kelebihan dari Rumah Makan Mbok Limbok, ayam kremes-nya emang benar-benar enak. Meski saya ga suka dengan plencingnya. Ohiya nama lengkap rumah makan ini ternyata adalah Warung Galery Ayam Kalasan Kremes Mbok Limbok Asli Yogyakarta. Kurasa dari nama rumah makan ini sudah menjelaskan semua pertanyaan saya diatas. Keliatan khan, kalo saya itu orangnya ga perhatian dengan hal yang detail.

Kekurangan dari rumah makan Mbok Limbok, harganya lumayan mahal. Dan yang bikin malas kembali ke sana adalah sebuah kata-kata yang sering saya ucapkan ke diri sendiri, “jauh-jauh ke Bali kok makannya tetep ayam Kalasan”. Ironis!

Selamat Berpetualang Kuliner 😉

Tulisan Terbaru:

Advertisements

4 thoughts on “[Culinary] Ayam Kremes Mbok Limbok Kuta Bali

  1. Dear ML Lover, PacarKecilku.com..

    I love you!!!
    Thanks , nuwun for the comments and the description yoooo….detil tennnin…!
    Sip….pembukaan Jakarta aku undang ya boooo…. Pebruari 2012. Di Jl. Tuban depan Krisna dekat Bandara Bali Akhir September ini …….
    > Thanks untuk dukungannya…

    Salam ML,

    Gusti Mbok Limbok

    Gusti Mbok Limbok

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s