Berburu Kepiting di Balikpapan


Apa yang Anda pikirkan jika sedang berkunjung ke Balikpapan?

Beberapa teman, menjawab “mall”! Beberapa yg lain, berpendapat “mencari akik”. Kalo kalian tanya saya, kujawab “kepiting”!

Yeah, saya menyukai Balikpapan sebagai kota yg menyajikan berbagai menu Kepiting.

Ada beberapa tempat yg sudah saya coba dan bisa dishare ke teman-teman:

1. Kepiting Soka di Ocean Resto

Kepiting Soka adalah kepiting yg sedang mounting (berganti cangkang). Orang biasa menyebutnya dengan Kepiting Cangkang Lunak.

Jadi, kalo menurut chef-nya, setiap 20 hari, kepiting melepaskan cangkang. Nah, disaat cangkang lama terlepas dan cangkang baru belum mengeras. Saat itulah kepiting dipanen.

Ocean Resto terletak di Ruko Bandar, Balikpapan. Pilihan saya jatuh di Resto ini karena dekat dengan hotel, cukup jalan kaki sudah sampai. Selain itu, di sore hari, view dari Restauran sangat indah karena terletak di area Bandar, sebagian resto terletak diatas laut. Pemandangan sunset ditepi laut bisa dinikmati sambil duduk-duduk makan Kepiting Soka.

Saya pernah mencicipi berbagai menu kepiting soka disini, dari black pepper crab, crab with salted egg, sweet sour prawn, dll.

Pokoknya semua enak!

2. Kepiting Kenari

Kenari disini merujuk pada Merk Dagang dan Jenis Kepiting. Saya pertama makan di sini bbrp tahun yang lalu atas saran dari manajer hotel tempat saya menginap.

Kemarin, saya datang lagi, makan di sini, selain karena menemani teman-teman, juga karena kangen ingin ber-rendevous.

Kepiting Kenari atau Ketam Kenari adalah Kepiting Kelapa. Disebut demikian karena kepiting-kepiting ini memakan buah kelapa. Sering ditangkap saat memanjat pohon kelapa. Kalo kamu tipe yg males mengupas kelapa, mungkin kamu bisa pelihara kepiting kenari huehehe 😂 Soalnya kepiting ini ahli ngupas kelapa dengan capitnya.

Tubuhnya lebih kurus jika dibandingkan kepiting laut, tapi dagingnya lbh gurih.

Kepiting Kenari sangat terkenal di seantero Balikpapan. Biasanya disediakan 2 jenis, kepiting jantan dan kepiting telur. Kepiting Telur lbh mahal, seporsi harganya 280rb isinya 3 kepiting. Sedangkan Kepiting Jantan hanya 220rb.

Yg paling terkenal dari Kepiting Kenari adalah Kepiting Saus Lada Hitam. Kepiting Kenari buka hingga jam 10 malam. Lokasinya tidak jauh dari Bandara.

Bahkan, sekarang di Bandara Sepinggan pun, sudah dibuka cabangnya. Bisa dibeli buat oleh-oleh jika kamu ga sempat mampir ke Resto Kepiting Kenari di Jalan Marsma R. Iswahyudi. Tapi ya itu, namanya juga di bandara, pasti lebih mahal.

3. Kepiting Dandito

Kepiting Dandito berlokasi di sebrangya Resto Kepiting Kenari, yaitu di jalan M. Iswahyudi, Gunung Bakaran, Balikpapan.

Kepiting Dandito muncul belakangan setelah Kepiting Kenari terkenal. Ini seperti partai oposisi-nya 😁

Selain lebih murah, Kepiting Dandito memiliki saus yg lbh enak. Beberapa orang lbh suka makan di sini. Dandito vs Kenari bahkan sudah jadi perdebatan sengit di dunia maya.

Dandito, juga bisa ditemukan di Bandara Sepinggan. Bahkan melayani juga pembelian online. Ga perlu jauh-jauh ke Balikpapan kalo cuma pingin Dandito, kamu cukup angkat telp, pesan, bayar dan Kepiting Dandito bisa langsung dinikmati di rumah kamu.

Kemarin, pas saya maen ke Bali, di daerah Denpasar, juga sudah buka Resto Kepiting Dandito.

Overall, semua kepiting yg pernah saya coba di Balikpapan rasanya enak-enak. Saya juga mencoba bbrp Kepiting Saus Padang yg disajikan di bbrp Rumah Makan Padang disana.

Meski, katanya Kepiting Kenari kandungan kolesterolnya sedikit karena makanan utamanya adalah kelapa. Tetap berhati-hatilah makan kepiting. Anda pasti ga mau kan kalo harga obat kolesterol Anda lbh mahal dari harga Kepitingnya? 😄

Happy Culinary!

View on Path

Advertisements

2 thoughts on “Berburu Kepiting di Balikpapan

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s