[Trip] Candi Sari


Lokasi yang kemudian saya dan Chandra kunjungi setelah trip ke Candi Kalasan adalah Candi Sari. Candi Sari terletak 150 m di sebelah timur laut Candi Kalasan. Jadi letaknya ga jauh dari Candi Kalasan, cukup menyebrangi jalan Solo ajah 😉

Candi Sari
Candi Sari

Pas kami datang, Candi Sari dalam kondisi sepi, menurut keterangan penjaga candi –pak Daryono– biasanya yang datang hanya anak-anak jurusan sejarah dan arkeologi, atau kadang beberapa turis. Sedangkan orang Indonesia sendiri jarang sekali berkunjung ke candi ini.

Menurut History of Java, Candi Sari ditemukan dalam keadaan rusak, nah pada tahun 1929 dipugar oleh Dinas Purbakala dan selesai pada tahun 1930.

Denah Candi Sari berbentuk persegi empat dengan ukuran 17,30m x 10m dan tinggi 17m. Arah hadap candi ke timur, dengan tangga masuk ke bilik di sisi timur. Pada tiap sisi tubuh candi terdapat jendela.

Candi Sari
Candi Sari
Candi Sari
Candi Sari
Candi Sari
Candi Sari

Di dalam tubuh candi terdapat tiga ruangan yang berjajar, masing-masing dihubungkan dengan pintu masuk. Pas saya ambil beberapa gambar di dalam candi ini, agak degh-deghan juga. Soalnya sendirian dan sepi, sedangkan Chandra memilih menunggu diluar.

Candi ini diperkirakan bertingkat, lantai bilik atas kemungkinan terbuat dari kayu. Hal ini diketahui dari adanya lubang-lubang yang diperkirakan dipakai untuk menempatkan ujung balok kayu. Pada dinding utara dan selatan bilik bawah terdapat relung yang dihiasi dengan kalamakara.

Candi Sari
Candi Sari

Pada sisi luar tubuh candi terpahat arca-arca dewa Bodhisatwa dan Tara. Arca-arca tersebut berjumlah 36 buah (8 disisi timur, 8 disisi utara, 8 disisi selatan dan 12 disisi barat).

Pada umumnya arca ini digambarkan dengan sikap lemah gemulai (sikap Tribangga) dan memegang teratai merah dan biru. Dinding luar Candi Sari juga dilapisi dengan bajralepa.

Candi Sari
Candi Sari
Candi Sari
Candi Sari

Berdasarkan arca dan relief dewa yang terpahat dapat diketahui bahwa latar belakang keagamaan Candi Sari adalah Buddha.

Candi Sari
Candi Sari

Menurut info dari BP3, adanya pembagian ruang mengindikasikan bahwa Candi Sari digunakan sebagai wihara (asrama bagi pendeta). Sedangkan tahun pendirian candi masih belum diketahui secara pasti.

Berdasarkan keterangan tentang keberadaan wihara dalam Prasasti Kalasan, dapat diperkirakan bahwa candi ini sezaman dengan Candi Kalasan, yaitu dari abad VIII Masehi.

Candi Sari
Candi Sari

Yang paling menyenangkan dari trip ke candi kali ini adalah kondisi candi yang sepi memungkinkan kami leluasa mengambil foto sebanyak-banyaknya, udah gitu kami tidak dikenakan biaya retribusi sepeserpun 😉 gratisss!

–to be continued–

Tulisan Terbaru:

Advertisements

2 thoughts on “[Trip] Candi Sari

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s