[Tour] Pantai Teluk Penyu Cilacap Jawa Tengah


Setelah menelusuri pantai Ayah, kami segera menuju ke pantai Teluk Penyu. Kami menemukan banyak pabrik-pabrik di sepanjang jalan menuju pantai Teluk Penyu.

Pantai Teluk Penyu
pabrik disepanjang jalan menuju Pantai Teluk Penyu

Tapi yang paling heran ya liat kilang minyak Pertamina yang berada tepat disebelah lokasi wisata Benteng Pendem ;-( kok bisa ya membangun kilang minyak disebelah situs bersejarah? Entahlah.

Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu

Sebelum menikmati suasana Benteng Pendem, kami terlebih dahulu melepas penat di pantai Teluk Penyu. Ga tahan liat birunya air 😉 dan sepoi-sepoi anginnya yang menghanyutkan jiwa.

Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu diapit oleh Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan. Menurut cerita beberapa pedagang yang kami ajak ngobrol, pantai Teluk Penyu memang pantai yang sangat terkenal di Cilacap. Pada hari libur, pantai ini menjadi destination utama bagi warga sekitar.

Selain bentangan pantai yang indah dengan pasirnya yang hitam, ciri khas pantai Teluk Penyu adanya pemecah ombak. Pemecah ombak sejauh 200 meter dari bibir pantai ini pas kami berkunjung dipenuhi dengan orang-orang hobi mancing.

Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu

Sayangnya di bibir pantai, kami menemukan banyak sekali sampah ;-( sepertinya sampah dari beberapa pengunjung di pantai Teluk Penyu. Padahal di sekitar pantai sudah disediakan banyak tong sampah.

Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu

Sempat saya bertanya pada beberapa petugas baywatch, kenapa pantai ini bernama pantai Teluk Penyu? Konon, dahulu kala di pantai ini banyak sekali penyu-penyu yang hidup dan berkembangbiak itu sebabnya bernama pantai Teluk Penyu. Seiring waktu dengan keberadaan kilang minyak Pertamina, penyu-penyu tersebut bermigrasi ke daerah Lombok. Sekarang nama pantai Teluk Penyu hanya tinggal sejarah.

Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu

Tidak seberapa jauh dari pantai Teluk Penyu terdapat banyak rumah makan seafood dan para penjual souvenir khas pantai Teluk Penyu.

Selanjutnya, setelah puas bermain air di pantai kami langsung memasuki kawasan lokasi Benteng Pendem 😉

–to be continued–

Tulisan Terbaru:

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s