[Tour] Pantai Ayah Kebumen Jawa Tengah


Setelah acara Touring de Pacitan sukses, kami berencana melakukan perjalanan yang lebih jauh. The next destination adalah Cilacap. Apa yang menarik dari Cilacap? Saya pun tidak tahu banyak, secara prinsip keberadaan saya disini cuma sebagai follower saja. Jadi yuks, ikuti saja acara jalan-jalan kali ini 😉

Pagi-pagi sekali kami sudah berkumpul di markas besar. Setelah berdoa dan memastikan pasukan lengkap, perjalanan pun segera dimulai. Kami memilih jalur lintas selatan yang tak terlalu ramai dengan kendaraan. Dari Jogja, lewat jalan Daendels, kemudian pilih yang lewat daerah petanahan Kebumen.

Di sepanjang areal ini kita dapat menikmati hamparan sawah dan kebun, jika beruntung bisa mendapatkan semangka segar dari petani dengan harga cukup murah dibandingkan harga pasar. Kami memilih melalui Pantai Ayah di Kebumen karena beberapa dari kami belum pernah ke Pantai Ayah, terutama saya.

pantai Ayah
pantai Ayah

Pantai Ayah lumayan terkenal di antara komunitas touring. Menurut saya sendiri, pantai Ayah tidak terlalu bagus dibandingkan dengan pantai-pantai di Gunungkidul. Tapi jalan menuju pantai Ayah memang keren 😉 perbukitan yang penuh dengan tanjakan jahanam mantap!

Sebenarnya pemandangan ke pantai paling keren dari atas perbukitan ini, sayangnya saya tidak sempat mengabadikan.

Pantai Ayah
Pantai Ayah

Di pantai Ayah, kami mampir untuk makan siang. Ada banyak pilihan rumah makan di sini. Selain rasa makanan yang enak untuk lidah saya, harganya pun murah, so recommended dech!

Pantai Ayah memiliki banyak fasilitas umum. Sayangnya tidak dikelola dengan baik. Jadi nampak kotor dan tak terurus. Pada hari-hari libur pantai ini ramai dengan pendatang. Meski begitu, ombak pantai ini tidak cocok buat mandi karena cukup besar.

Pantai Ayah
Pantai Ayah

Hasil ngobrol ngalor ngidul dengan petugas retribusi, jalanan menuju ke pantai Ayah dari perbukitan terkadang dipasangi paku-paku. Makanya lain waktu diharapkan hati-hati jika berkendara di jalanan ini.

Disamping pantai ayah, ada plang besar ‘Pantai Logending”, wah aneh ya ada dua pantai dengan nama berbeda dalam jarak yang begitu dekat.

Pantai Logending
Pantai Logending

Setelah ngobrol dengan ibu penjual makan, kami dijelaskan bahwa ke-2 pantai ini ternyata sama. wew! Sebenarnya namanya pantai Logending, akan tetapi karena berada di kecamatan Ayah, maka lebih terkenal dengan nama pantai Ayah 😉

Pantai Logending
Pantai Logending

Konon, pantai Ayah sudah dijadikan tempat plesir sejak zaman pendudukan Belanda dan Jepang. Diyakini oleh penduduk lokal, di pantai Ayah terdapat makam Ki Ajar Tonggo. Ki Ajar Tonggo adalah orang pintar yang bermukim di Pantai Ayah, saat Kadipaten Ayah dikuasai dan diperintah oleh Adipati Suronegoro dan Kartonegoro I.

Setelah menikmati pantai Ayah sambil makan siang, kami pun segera menuju lokasi wisata selanjutnya, yaitu Pantai Teluk Penyu di Cilacap 😉

–to be continued–

Tulisan Terbaru:

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s