[Tour] Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur


Goa Tabuhan
Jalan masuk menuju Goa Tabuhan

Lokasi wisata terdekat yang bisa kami kunjungi setelah Goa Gong adalah Goa Tabuhan. Goa Tabuhan tidak jauh berbeda dengan Goa Gong. Anda tetap akan terpesona oleh pemandangan stalagmit dan stalagtit yang seperti sengaja diukir alam di langit-langit dan lantai Goa. Sebelum mencapai ujung Goa, ada sebuah ruangan, yang menurut warga lokal yang memandu kami, dipercaya sebagai tempat Pangeran Diponegoro dan pengikutnya pernah melakukan ritual bertapa. Hampir sama dengan Goa Gong, Goa Tabuhan dinamakan Tabuhan karena diujung Goa terdapat batu stalaktit yang menimbulkan suara (yang terdengar seperti musik) jika di-“tabuh”.

Goa Tabuhan
stalaktit dgn plang harga Rp 70.000,- jika anda ingin “menabuhnya” di dalam Goa Tabuhan

Biasanya, begitu kita tiba di pengunjung Goa, kita akan ditanya apakah ingin mendengar musik dari Goa Tabuhan. Jika iya, maka kita akan diminta untuk menyumbang sejumlah uang (waktu pertama kali saya datang, masih sebesar Rp 70.000,- rupiah). Sebenarnya tidak terlalu murni hanya mengandalkan batu-batu stalaktit yang ditabuh, konser musik di Goa ini merupakan padu padan beberapa alat musik Jawa, terutama gamelan. Waktu kami datang, kebetulan beberapa orang dari “pasukan” saya memang bapak-bapak yang pandai menyanyi lagu-lagu Jawa, jadilah waktu itu acara nyanyi Jawa yang cukup mengundang gelak tawa dari para pengunjung yang lainnya.

Goa Tabuhan
kami di depan Goa Tabuhan

Goa Tabuhan ini terletak di desa Wareng Kecamatan Punung, Pacitan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Goa Gong. Dan jika Anda berkunjung ke sini, jangan khawatir karena jalan menuju Goa Gong termasuk jalanan aspal yang lumayan mulus.

Goa Tabuhan
Penjual Cinderamata di sepanjang pintu keluar Goa Tabuhan
Goa Tabuhan
Pedagang Buah-buahan di pintu keluar Goa Tabuhan

–to be continued–

Tulisan Terbaru:

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s