[Culinary] Pepes Patin di Nyahni Kalasan Yogyakarta


Pernah denger nama Sunyahni? Konon, Sunyahni atau Nyahni adalah salah satu pesinden terkenal di jamannya. Beliau penyanyi campur sari bersama Manthous. Saya sendiri ga begitu tau mengenai beliau.

Waktu itu, juragan saya punya janji meeting di Rumah Makan Nyahni Kalasan. Nah, untuk menu diserahkan ke saya. Karena saya juga ga tau apa-apa tentang Sunyahni. Saya sich biasa-biasa saja pas kenalan. Huehehe. Rumah makan ini dikelola oleh suaminya, mas Wahyu namanya. Saya pun cuman pesen lewat telpon.

Nah, pas hari-H barulah saya benar-benar ketemu dengan mereka. Menurut saya, rumah makan ini awalnya adalah bangunan rumah pribadi dengan lahan yang sangat luas memanjang ke belakang. Di belakang rumah terdapat pendopo besar yang dijadikan tempat utama. Di sudut pendopo di pajang motor gede koleksi suami Ny. Nyahni, di tiap dinding nya dipajang photo ttg Ny. Nyahni dan penghargaannya.

koleksi motor di Rumah Makan Nyahni Kalasan
koleksi motor di Rumah Makan Nyahni Kalasan

Pas pertama dateng, saya rada katrok. Melihat begitu banyak photo yang dipajang dan banyaknya penghargaan, saya tanya sama juragan, “seleb ya pak?”. Juragan pun menjawab, “ini Nyahni, masa’ kamu ga kenal?”. Wuihhh iku sopo tho? lha aku khan lahir besar di Lampung, wajar tho kalo ga kenal seleb Jogja 😉

suasana di Rumah Makan Nyahni Kalasan
suasana di Rumah Makan Nyahni Kalasan

Setelah di jelaskan kalo Nyahni itu penyanyi campur sari, saya pun diajak berkeliling rumah makan tersebut. Ada beberapa kolam ikan di halaman belakang, trus saya diajak masuk ke ruang studio nya. Eh, ternyata yang namanya mas Wahyu, suaminya Ny. Nyahni itu masih muda lhooo. Huehehe.

Daerah Kalasan itu biasanya identik dengan ayam goreng Kalasan. Tapi makan ayam goreng Kalasan kan bisa di dapatkan dimana-mana, ga mesti makan di Kalasan khan. Nah, kami mencoba menu selain ayam. Pilihan jatuh pada patin. Waktu itu kami ditawarkan pepes patin. Kami pun okeh ajah.

pepes patin ala Rumah Makan Nyahni Kalasan
pepes patin ala Rumah Makan Nyahni Kalasan
ayam goreng kalasan ala Rumah Makan Nyahni
ayam goreng kalasan ala Rumah Makan Nyahni
beberapa menu pilihan di Rumah Makan Nyahni Kalasan
beberapa menu pilihan di Rumah Makan Nyahni Kalasan
ayam bakar dan lalapan
ayam bakar dan lalapan

Ternyata patin yang disajikan ukurannya montok-montok. Wuiihhh bikin ngences 😉 Bumbunya yang meresap, membuat pepesnya ga amis. Pokoknya maknyusss lah! Para juragan pun ternyata doyan banget sama pepes patin. Wah klop nih. Ga salah pilih! Pepes patinnya pun ludes habis tandas. Huehehe.

Suasana rumah makan yang dikelilingi sawah, membuat tempat ini jadi nyaman banget. Sayangnya, rumah makan ini terletak sangat jauuuh dari kantor saya. Untuk menuju rumah makan ini sangat gampang, kalian cukup menemukan per4an Proliman. Dari arah Jogja belok kiri. Susuri ajah jalan ber-aspal-nya, rumah makan nya terletak di kanan jalan kalo dari selatan. Untuk alamat tepatnya Rumah Makan Wahyu-Sunyahni berada di Keniten, Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman telp. (0274)497757/ 081904221638.

Untuk urusan harga, saya lupa membayar berapa. Biasanya memang teman kantor yang ngurusin pembayaran, tapi seingatku teman saya pernah berkata, “murah lho harga yang kita bayar untuk semua yang udah kita makan”. Jadi, jangan takut kalo makan di sini bakal mahal, harga nya tetap standar Jogja kok!

Selamat Mencoba 😉

Tulisan Terbaru:

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s