Tian Tan Buddha Statue


Tian Tan Buddha Statue
Tian Tan Buddha Statue

Objek wisata utama di Bukit Ngong Ping, Lantau Island adalah patung raksasa Buddha Tian Tan dan Biara Po Lin.

Patung raksasa Buddha inilah yang terlihat pada saat kita naek Ngong Ping Cable Car. Tentu terlihat dari jauh, karena selain ukurannya yang  memang sangat besar, patung Buddha tersebut dibangun diatas bukit Ngong Ping.

Buddha Tian Tan terbuat dari perunggu dan dibangun dalam kurun waktu sepuluh tahun. Sekitar tahun 1993, patung Buddha Tian Tan dibuka untuk umum. Patung ini dibangun sebagai tempat ibadah bagi para biarawan yang hidup di Vihara Po Lin. Patung Buddha Tian Tan dengan tinggi 34 meter ini adalah patung Buddha dengan sikap duduk yang melambangkan ketenangan. Sikap duduk Buddha ini dianggap sebagai simbol dari harmonisasi antara manusia, alam, masyarakat dan agama.

Patung Buddha ini dinamakan Tian Tan karena di bagian bawahnya terdapat replika dari Kuil Tian Tan (Kuil Surga) di Beijing. Kuil Tian Tan sangat terkenal karena dipercaya menyimpan relic gigi Buddha (seperti yang terdapat di Singapore).

Tian Tan Buddha adalah pusat utama kegiatan keagamaan Buddhism di Hong Kong, hampir sama dengan Borobudur, tempat ini menarik banyak wisatawan. Pembuatan patung raksasa Buddha ini diperkirakan menghabiskan total biaya hingga USD 68 juta.

Untuk menuju patung raksasa Buddha Tian Tan, kalian harus berjalan sekitar 2 km ke arah anak tangga. Tentu saja, karena patung Buddha terletak di atas bukit Ngong Ping, untuk keatas kalian harus menaiki berpuluh-puluh anak tangga. Jadi yang semangat yaaa 😉

Saya lupa berapa harga tiket masuknya, tapi seingat saya tidak terlalu mahal. Tiket dibedakan menjadi dua. Pertama, tiket dengan bonus makan siang. Kedua, tiket yang lebih murah karena tanpa makan siang. Tapi jangan berkecil hati. Tiket tanpa makan siang tersebut sudah plus bonus sebotol air mineral dingin dan es krim.

Keren banget ga tuh. Hujan, trus di puncak bukit, plus dapet bonus es krim. Percaya deh, kalian butuh es krim sebagai peng-kompres kaki-kaki yang pegal. Huahaha. Ini adalah tempat yang wajib kalian datangi jika berkunjung ke Hongkong!

Tian Tan Buddha Statue
Tian Tan Buddha Statue

Happy Traveling 😉

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s