[Culinary] d’Gejrot bukan Tahu Gejrot


Ini adalah salah satu kuliner yang lokasinya ga jauh dari kost saya. Namanya d’Gejrot. Lokasinya ada di jalan Kaliurang Km.5 Gang Megatruh Blok E No.1 Tawangsari Caturtunggal Depok Sleman.

d'gejrot
d’gejrot

Pertama tahu ya dari temen-temen kost yang sering makan di sana. Aneh ajah waktu denger temen kost nyebut kata “kemek” dan dilafalkan seperti membaca kata”kesemek”. Apa iya, ada makanan yang di-emek-emek sebelum kita makan? Ihhh serem banget ya?

Seinget saya, sekitar tahun 2003-an, kakak tingkat sering melafalkan kata “kemek-kemek”. Cara membacanya seperti menyebut kata “besek”. Kata “kemek-kemek” artinya makan-makan. Misal, ada temen yang ulang taun atau wisuda, biasanya kita akan bilang, “ayo kemek-kemek!”

d'gejrot
d’gejrot

Menurut perkiraan saya, owner dari d’Gejrot pasti seangkatan dengan senior saya di kampus, makanya bahasa “gawul”-nya pun sama (sejaman gitu deh). Kalo ditanya asal muasal kata “kemek-kemek”, saya juga ga ngerti darimana asalnya, apakah dari daerah tertentu. Saya juga tidak tahu. Dulu, ga sempet nanya sama senior ;-P

Beberapa waktu yang lalu, saya akhirnya diajak temen kost, buat kemek-kemek di d’Gejrot. Tempatnya lesehan dan cukup ramai. Kebanyakan sih mahasiswa sekitaran kost.

Ada dua menu yang kami coba 😉

d'gejrot
menu JURAGAN ala d’gejrot

Juragan. Ini pesanan saya. Namanya JURAGAN, isinya daging ayam, sambel gejrot, nanas dan mentimun. Saya pilih yang AJE, artinya ga pake nasi uduk. Ada juga yang namanya GILE, artinya pake nasi uduk. Tulisan uduk-nya pun cukup nyeleneh, ditulis KUDU yang kalo dibaca balik artinya ya UDUK. Seporsi JURAGAN AJE harganya 8ribu.

d'gejrot
Telor Tempe Tahu Gejrot

Telor Tempe Tahu Gejrot. Nah, yang ini pesanannya Chandra. Rasanya sih lebih mirip dengan Telor Tempe Tahu yang dipenyet dengan cabe ijo. Enak kok. Murah meriah, meski saya lupa berapa harga pesanan Chandra 😉

Sebenarnya ada lagi sih nama-nama yang aneh semisal MPOK AYE, PAK ERTE, CANG JUKI, CING UTE, KONG APE. Harganya macam-macam. Tapi, hampir seluruhnya tidak mahal. Terjangkau oleh kantong mahasiswa, karena segmen pasar d’Gejrot memang mahasiswa.

Yang bikin saya ketawa pas masuk, slogan d’Gejrot, yaitu “Kami ini Slow Food bukan Fast Food. Kalo Galau nunggu harap maklum. Semangat menunggu Kemek-ers!”. Huahaha.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga menarik perhatian. Semisal: d’Gejrot buka tiap hari dari jam 11.59 am – till end. Khusus Jumat buka jam 12.59 am – till end. Sabtu gratis es teh buat couple. Jumat untuk pembelian 4 porsi Kemek Goceng, dapet tambahan gratis 1. Setiap ada yang ultah gratis Kemek Goceng. Senin Kamis gratis Kemek Goceng buat yang puasa sunnah dari jam 6-7 malam.

Kalo dah makan berkali-kali disini, notanya kudu disimpen. Soalnya kalo dah punya 5 nota atau lebih bisa ditukarkan gratis menu tertentu. Hihihi. Malah kayak naik bus malam ya 😉

d'gejrot
d’gejrot

Hampir semua barang di d’Gejrot di tempeli sticker “d’Gejrot Kemek”, sampe gelasnya pun juga tertulis d’Gejrot. Buku menu-nya pun tergolong unik, karena di tempel pada kotak plastic bening kosong yang biasanya digunakan buat kotak sumbangan. Mungkin ada hubungannya dengan program pemberian donasi d’Gejrot dari 10% keuntungan.

Yang paling utama buat pecinta penyetan, di d’Gejrot bisa request jumlah cabe yang diinginkan, asal ga lebih dari 10 cabe. Sambelnya langsung diulek pada cobek, yang ditulis “coek” pada menu d’Gejrot. Sayangnya, jumlah cobeknya sangat terbatas. Jadi, kalo makan disana, lebih sering disajikan diatas piring bamboo yang dialasi kertas minyak.

Overall, bisa diikatakan d’Gejrot benar-benar harga mahasiswa sekali. Tapi soal rasa, cocoklah buat pecinta cabe. Monggo dicoba 😉

This slideshow requires JavaScript.

Happy Culinary!

Tulisan Terbaru:

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.