[Trip] Menelusuri Tepi Danau Batur Kintamani Bangli Bali


Selain jalan raya Penelokan, ada satu lagi tempat yang wajib dikunjungi di Kintamani karena memiliki view yang sangat indah, yaitu Kedisan dan Buahan.

Simpang jalan antara Kedisan, Buahan, Toya Bungkah, dan Penelokan
Simpang jalan antara Kedisan, Buahan, Toya Bungkah, dan Penelokan

Sebenarnya ada 3 desa yang mengelilingi Danau Batur yang berbentuk bulan sabit itu, yaitu Kedisan, Buahan dan Toya Bungkah. Kedisan adalah nama daerah dimana terdapat dermaga perahu motor yang biasanya digunakan untuk mengantarkan wisatawan ke Trunyan. Buahan adalah desa menuju ke Gunung Abang. Dan Toya Bungkah adalah daerah yang sangat terkenal dengan pemandian air panasnya di kaki Gunung Batur.

Biasanya yang paling dikenal oleh wisatawan adalah Kedisan. Tentu saja, karena sebagian besar tujuan wisatawan ke Danau Batur adalah mengunjungi desa Trunyan, maka Kedisan sebagai daerah dermaga cepat dikenal publik.

Kedisan saat ini, selain terkenal dengan dermaganya, juga terkenal dengan wisata kulinernya. Jadi Kedisan adalah alternatif wisata kuliner selain Penelokan.

Beberapa tahun terakhir, memang di daerah Kedisan dan Buahan tumbuh banyak hotel dan resort di tepi Danau Batur yang menenangkan ini. Kebanyakan wisatawan asing yang menginap di daerah ini. Tentu saja, kedua daerah ini terpacu pertumbuhan pariwisatanya karena sebelumnya telah melihat Toya Bungkah yang hampir tiap hari dipenuhi wisatawan.

Seiring pertumbuhan Hotel, maka tumbuh juga industri Resto di kedua tempat ini. Daerah Kedisan sendiri sangat terkenal dengan wisata kuliner terapung di tepi Danau Batur-nya. Kebanyakan wisata kuliner terapung di Kedisan menu utama restonya adalah ikan air tawar yang diambil langsung dari keramba-keramba ikan yang berada di pinggir danau.

pemandangan dari tepi Danau Batur
pemandangan dari tepi Danau Batur

Wisata kuliner terapung di tepi Danau Batur ini sangat menarik, mengingatkan saya pada wisata kuliner terapung di Waduk Kedungombo. Dan inilah daya tarik utama dari tempat ini, jika Penelokan menawarkan view mountain Batur yan anggun sekaligus perkasa. Kedisan menawarkan ke-eksotisan tipe lain; Danau Batur yang tenang, adem, nyaman, namun menghanyutkan.

Kekurangan dari tempat ini, karena pada umumnya cuma bule yang hobby kuliner di tempat ini, makanan disini mahal-mahal!

Selain tepi Danau Batur, ada juga view yang menarik di Kedisan. Karena kontur tanahnya yang berbukit-bukit, maka menciptakan banyak spot mountain view yang apik buat menikmati keindahan Gunung Batur dan Danau Batur.

Di jalan pulang dari Kedisan menuju Kota Denpasar, di persimpangan tiga, terdapat beberapa spot mountain view ini. Saya sendiri kurang tau nama lokasinya. Saya perkirakan, bukit tersebut masih masuk desa Kedisan, tapi bisa juga masuk wilayah desa Buahan, untuk sementara waktu saya anggap masuk ke desa Kedisan saja -untuk mempermudah cerita-. Mudah-mudahan setelah tulisan ini diposting, ada yang berminat komplain 😉

Kalo bisa saya gambarkan, tempat-tempat ini lebih mirip kayak Bukit Bintang di Pathuk DIY atau Bukit Malimbu di Lombok.

Bedanya, kalo Bukit Bintang Pathuk, pemandangannya adalah gemerlapnya kota Jogja dimalam hari. Trus kalo Bukit Malimbu Lombok, pemandangan utama adalah pantai Senggigi yang indah. Maka view dari bukit di Kedisan ini adalah Gunung Batur dan Danau Batur yang menakjubkan.

Meski harus saya akui, saya lebih suka mountain view dari arah Penelokan, tapi view dari Kedisan ini mantaph juga kok. Tempat ini juga jauh lebih ramai daripada Penelokan, di sepanjang jalan banyak mobil, bus pariwisata, dan motor yang diparkir. Tidak ada biaya retribusi disini.

Kebetulan pas saya datang ke tempat ini, wisatawan dalam negri sangat banyak, terutama anak-anak studi tour. Keliatan banget ya, kalo orang Indonesia suka yang serba gratissss! 😉

This slideshow requires JavaScript.

Selain bisa berfoto sampai puas, di tempat ini juga banyak penjual souvenir Garuda Wisnu, aksesoris, makanan, dan yang tak lupa adalah tatoo Bali. Tempat yang sangat menarik buat dikunjungi khan?

Selamat Jalan-Jalan!

Tulisan Terbaru:

Advertisements

3 thoughts on “[Trip] Menelusuri Tepi Danau Batur Kintamani Bangli Bali

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s