[Trip] Planetarium di Jogja


Saking kebanyakan tugas luar kota, saya jadi ga seberapa update objek wisata di Jogja. Baru denger infonya, pagi sebelum berangkat ke Taman Pintar.

Yaps, saya diajak ke Planetarium. Huehehe. Lucu juga sih dengernya. Bertahun-tahun, setiap bulan saya “rajin” nginep di hotel yang letaknya di sebrang TIM, tapi belum pernah sekalipun masuk Planetarium di Jakarta. Eh ini tiba-tiba ajah diajak dolan ke Planetarium tapi di Jogja 😉

Planetarium Jogja
Planetarium Jogja

Ngomong-ngomong ini pengalaman pertama saya lho, masuk Taman Pintar Yogyakarta (gara-gara ga pernah ke Taman Pintar makanya saya ga pintar-pintar ya?). Jadi pas kemaren pertama masuk Taman Pintar, saya agak excited juga sih.

Kalo cuma masuk ke Taman Pintar sih ga bayar, seinget saya lho. Nah, pas mau masuk ke wahana yang dikehendaki, kita baru bayar. Wahana Planetarium terletak dekat dengan pintu masuk yang ada di sebelah Shopping  Center (di deket deretan toko buku). Harga tiket masuk Planetarium per orang sebesar 15ribu.

Planetarium di Taman Pintar baru diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Bapak Muh. Nur, sekitar awal Oktober 2012. Jadi memang terhitung wahana ter-baru. Bikin seneng juga, buat saya ga masalah bayar agak mahal, asal wahananya masih bagus 😉

Trus apa itu Planetarium? Planetarium adalah wahana yang ditujukan buat kita untuk belajar ilmu astronomi dan antariksa dengan pertunjukkan pilem. Pertunjukkan pilemnya di langit—langit bioskop Planetarium yang bentuknya setengah bulet mirip bumi. Jadi kursinya di desain kayak buat bobok 😉 biar kita nyaman menikmati langit-langit.

Pilemnya dimulai dari titik koordinat dimana kita berada, trus diliatin langit Jogja kalo pas ga mendung kayak apa, teruuusss dijelaskan sampai ke antariksanya, sampe ke ilmu astronominya. Pokoknya semua-muanya dijelaskan. Termasuk teori Big Bang. Keren kan?

suasana di dalam Planetarium Jogja
suasana di dalam Planetarium Jogja

Cerita yang paling konyol, pas lagi asyik-asyiknya nonton pilem, tuh kursi “tidur” tiba-tiba bunyi grek! Kayak ga kuat menahan berat tubuh saya. Alhasil deh diketawain sama kanan kiri. Ih malu banget!

Planetarium yang di Jogja ga seberapa besar, terhitung kecil karena hanya memiliki daya tampung sebanyak 50 kursi. Yah, walaupun saya ga pernah masuk Planetarium yang di Jakarta, tapi setidaknya khan saya tiap ke Jakarta memandangi Planetarium dari jendela hotel, setidaknya bisa tahu kalo yang di Jakarta ukurannya lebih besar.

Jadwal pertunjukan Planetarium Jogja paling pagi dimulai jam 09.30 WIB, dengan pergantian sesi pemutaran film setiap 1 jam, dan pertunjukan terakhir diputar jam 15.30 WIB.

Nah, mulai sekarang, kita bisa berkata “Siapa bilang Planetarium cuma ada di Jakarta? Di Jogja juga ada kok!”.

tiket masuk  Planetarium Jogja
tiket masuk Planetarium Jogja

Bagi yang belum pernah nyoba, monggo datang saja ke Taman Pintar Jogja yang lokasinya ga jauh dari Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.

Planetarium buka setiap hari dari jam 09.00 WIB sampe jam 16.00 WIB. Tapi inget ya, Planetarium tutup  setiap senin. Monggo Pinarak mas mbak 😉

Happy Travelling!

Tulisan Terbaru:

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s