[Trip] Telaga Sarangan Magetan


Untuk kesekian kalinya, saya lagi-lagi berkunjung ke Magetan. Magetan adalah Kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Telaga Sarangan
Telaga Sarangan

Jalan menuju Magetan sebenarnya bisa di tempuh dari Tawangmangu, meski jalannya sudah halus bagus tapi tanjakan yang tinggi di sekitar Tawangmangu menuju Gunung Lawu membuat banyak orang yang membawa bus atau mobil yang besar memilih jalan memutar ke utara yang lebih jauh, yaitu melewati Kabupaten Sragen, Kabupaten Ngawi, dan barulah Kabupaten Magetan.

Magetan bukan kota besar. Hasil industry yang paling terkenal adalah industry kulit. Konon, kabarnya penduduk Magetan adalah pengikut Pangeran Diponegoro yang turut ber-gerilya melawan Belanda. Setelah Pangeran Diponegoro ditangkap, para pengikutnya ini pun dibantai oleh Belanda.

Beberapa orang yang mampu menyelamatkan diri kemudian bersembunyi di Magetan dan menyamar menjadi penyamak kulit. Itu sebabnya, industry penyamak kulit di Magetan sangat bagus dan halus. Magetan juga sangat terkenal sebagai salah satu penghasil pelana kuda terbaik di Indonesia.

Telaga Sarangan
Telaga Sarangan

Objek wisata yang sangat terkenal di Magetan adalah Telaga Sarangan. Telaga Sarangan terletak di Kecamatan Plaosan, sekitar 16 km dari pusat kota Magetan.

Kebetulan, saya datang pas musim kemarau, sehingga Telaga Sarangan tampak berbeda dari yang biasanya saya lihat. Air sedang surut-surutnya di Telaga Sarangan, yang nampak hanyalah sebuah telaga pasir di kaki Gunung Lawu. Nantinya setelah ngobrol dengan beberapa warga, saya baru tau kalo air Telaga Sarangan surut karena disedot oleh warga untuk pertanian. Makanya airnya habis bis bis! 😉

Telaga Sarangan luasnya sekitar 30 ha dengan kedalaman 28 m. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celcius, Telaga Sarangan menjadi tempat favorit banyak keluarga untuk berlibur. Sekeliling Telaga Sarangan berisi penginapan, restoran dan pusat perbelanjaan oleh-oleh.

Telaga Sarangan
Telaga Sarangan

Kami menginap di salah satu hotel yang meski harganya tidak bersahabat, tapi memiliki view paling keren dari seluruh penginapan yang ada di sekitar Telaga Sarangan.

Namanya Hotel Merah, sebenarnya ada Hotel Merah 1 dan Hotel Merah 2. Kami mendapatkan kamar di lantai 4 di Hotel Merah 1. Awalnya rada marah-marah juga pas tau, kami kudu naik ke lantai 4 lewat tangga. Tapi setelah sampai di atas dan melihat view yang begitu indah di depan kamar kami. Rasanya pupus semua rasa lelah kami melihat pesona alam yang begitu indah.

Telaga Sarangan
Telaga Sarangan dari teras kamar hotel

Kuliner khas di tempat dingin selalu khas, yaitu sate kelinci, jagung bakar, dan wedang jahe. Kuliner di Telaga Sarangan, menurut saya, selain sangat enak juga murah-murah. Mungkin pengaruh udara yang dingin membuat gampang kelaparan. Untungnya hotel tempat saya menginap, lantai 2-nya adalah restoran, jadi seneng-seneng ajah makan di sana 😉

Jika sedang musim penghujan dan air berlimpah, permainan paling menyenangkan di Telaga Sarangan adalah naek speed boat berkeliling telaga atau naek kuda memutari telaga sambil menikmati angin telaga yang sepoi-sepoi. Tapi bagaimana jika sedang kemarau seperti kondisi saat saya datang?

Yang bisa dilakukan di siang hari, ya jalan kaki berkeliling telaga atau mblusukkan ke Air Terjun Tirtosari yang letaknya tak jauh Telaga Sarangan.

Saat malam hari tiba, percayalah memandang telaga sambil menikmati pekat kabut yang turun perlahan di malam hari, memberikan nuansa tersendiri pada malam-malam yang dingin di Sarangan, bbrrrr serasa lagi terdampar di dalam salah satu pilem horror-nya Suzanna. Pokoknya, mistis sekaligus pengalaman yang seru!

This slideshow requires JavaScript.

Happy Travelling 😉

Tulisan Terbaru:

Advertisements

7 thoughts on “[Trip] Telaga Sarangan Magetan

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s