[Trip] Museum Zoologi Bogor Jawa Barat


Jangan bosen ya, kalo saya ajak keliling museum 🙂 Salah satunya ini nih, Museum Zoologi yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor Jawa Barat.

Setiap kalian masuk Kebun Raya Bogor, sebenarnya dapet fasilitas buat masuk gratis ke Museum Zoologi. Sayangnya, hanya sedikit orang yang berminat masuk museum. Hampir di setiap museum yang pernah saya masuki, kebanyakan adalah pelajar bersama rombongan sekolahnya.

Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi dulunya adalah Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) didirikan sebagai bagian dari ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg sekitar tahun 1894 di Bogor. Awalnya MZB berfungsi sebagai laboratorium zoologi yang memberi wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi, di dalamnya termasuk kegiatan inventarisasi fauna Indonesia.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dipelajari dari koleksi Museum Zoologi. Dari beberapa pamflet yang dapat di baca di  Museum Zoologi, kita bisa tahu fauna apa saja yang ada di Indonesia, dimana habitatnya, dan apa saja kebiasaan fauna tersebut.

Menurut data, Museum Zoologi memiliki koleksi fauna yang jumlahnya sangat mencengangkan! Lihat saja jumlah koleksinya: Mamalia tercatat 650 jenis yang diwakili oleh 30.000 contoh binatang (spesimen). Ikan tecatat 12ribu jenis yang diwakili oleh 140.000 contoh binatang. Burung tercatat 1000 jenis yang diwakili oleh 30.762 contoh binatang. Reptil dan Amfibi tercatat 763 jenis yang diwakili oleh 19.937 contoh. Moluska tercatat 959 jenis yang diwakili oleh 13.146 contoh. Serangga tercatat 12.000 jenis yang diwakili 2.580.000 contoh spesimen. Invertebrata lain (invertebrata bukan moluska dan serangga) tercatat 700 jenis yang diwakili oleh 1.5558 contoh.

Meskipun di dalam museum kita sudah dibuat terkagum-kagum, tapi menurut petugas museum, jumlah koleksi yang ada di Museum Zoologi Bogor hanya 3,5% dari jumlah jenis fauna yang terdapat di Indonesia, dan 0,05% contoh binatang (spesimen) yang ada merupakan milik Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi, LIPI.

Kebayang ga kekayaan fauna yang sesungguhnya dimiliki oleh Negri kita? Sayangnya, hewan-hewan langka tersebut rata-rata sudah punah atau diambang kepunahan.

Nah, Museum Zoologi ini bagian dari memperkenalkan fauna yang dimiliki oleh Negri kita ke generasi muda dan orang banyak. Ga lucu juga sih, kalo kita belajar tentang fauna khas negri kita malah di Negri asing. Bikin sedih, meski pada kenyataannya memang begitu ;-(

Jadi, kalo lain waktu berkunjung ke Kebun Raya Bogor, mampirlah ke Museum Zoologi. Tiket museum udah include dalam tiket Kebun Raya Bogor. Museum Zoologi buka setiap hari, termasuk pada hari libur.

Ayo teman-teman, mari kita cintai museum, sebagai generasi muda, malu donk kalo cuma tau mall doank!

This slideshow requires JavaScript.

Happy Travelling 😉

Tulisan Terbaru:

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s