Wedang Tahu Bu Sukardi


Wedang Tahu Bu Sukardi di Pasar Kranggan.

Wedang Tahu Bu Sukardi berlokasi di dekat Pasar Kranggan. Kalo kalian tau lokasi Gudeg Bu Juminten. Nah, wedang tahu bu Sukardi jualan di sebrangnya. Tau kan dimana Pasar Kranggan? Pasar Kranggan adalah pasar yg dekat dgn Tugu Jogja.

Masih belum tau, dimana Tugu Jogja? Artinya kamu kudu piknik ke Jogja.

Wedang Tahu Bu Sukardi belum membuka kios tetap. Bermodal sebuah meja kecil dan satu payung, bu Sukardi jualan dari jam 06.30 hingga habis. Kadang jam 09.00 sudah habis, kadang jam 10.00.

Harga seporsi hanya 6ribu, tetap mantap dimakan hangat ataupun dingin. Suami Bu Sukardi, juga jualan wedang tahu, tapi di Pasar Pathuk.

Apa sih wedang tahu? Wedang tahu adalah menu keturunan. Aslinya bernama Air Tahu. Dibuat dari susu kedelai. Ini adalah salah satu kuliner yg dibawa Cina perantau ke negri kita.

Kalo kalian pernah nonton pilem-pilem yg diputer di Celestial Movies atau pernah ke Hongkong dan Beijing, ada bbrp penjual Air Tahu. Ini menunjukkan kalo air tahu bukanlah asli budaya kuliner kita.

Apa sih bedanya Air Tahu dan Wedang Tahu? Air Tahu kuahnya dari susu kedelai, kalo wedang tahu kuahnya air jahe. Wedang Jahe-lah sisi akulturasi nya.

Wedang Tahu bisa ditemui di banyak kota; Solo, Semarang, Surabaya, daerah-daerah pesisir umumnya juga ada wedang tahu dengan nama yg berbeda-beda.

Di Sumatera dan Kalimantan, umumnya yg dijual adalah Air Tahu. Di Pontianak, air tahu dijual di pagi, siang hingga tengah malam.

Di Jogja, agak susah mencari penjual wedang tahu yg enak. Dulu, langganan saya berjualan di malam hari di Jalan Magelang. Sekarang sudah tidak jualan lagi. Yang masih bertahan jualan Wedang Tahu adalah Bu Sukardi ini.

Bu Sukardi tidak kenal apa itu franchise, tapi beliau ngerti apa itu Instagram dan Blogger. Bu Sukardi sangat ramah, dan penuh semangat bercerita. Orang yg sangat menyenangkan.

Kalo piknik ke Jogja, kudu nyobain Wedang Tahu Bu Sukardi di Pasar Kranggan. Jangan lupa buat bangun pagi, karena kalo kesiangan pasti sudah habis.

Tolong wedang tahu-nya dilarisi ya gaesss 😘

Happy Culinary! – at Pasar Kranggan

View on Path

Advertisements

2 thoughts on “Wedang Tahu Bu Sukardi

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s