Borneo Orangutan Survival


Sudah pernah ke BOS?

Yg dimaksud disini bukan pak Bos, tapi BOS Borneo Orangutan Survival. Berlokasi di Samboja Lestari, sekitar 38km dari Kota Balikpapan.

Kegiatan utama di Yayasan BOS adalah penyelamatan orangutan, khususnya menyediakan perawatan dan rehabilitasi bagi orangutan yang kehilangan habitat atau induk mereka.

Menurut data, Yayasan BOS menyelamatkan ratusan orangutan di Kalimantan Timur dan saat ini merawat lebih dari 200 orangutan dan 50 beruang madu di Samboja Lestari.

Saya pertama kali ke tempat ini sekitar 6 tahun lalu, waktu itu saya begitu penasaran dgn habitat orangutan. Bbrp hari yang lalu, saya datang lagi ke tempat ini untuk mengunjungi teman yg menjadi volunteer disana.

Ceritanya bermula saat saya nonton tivi, berita ttg Kebakaran Hutan di Kalimantan. Lho kok yg diwawancarai teman saya, sambil menggendong orangutan di Samboja Lestari? Rupanya beliau menjadi volunteer Dokter Hewan disana.

Waaah segera kami agendakan buat kesana 😄

Sayangnya, waktu saya datang, BOS sedang ramai pengunjung. Rencana saya buat menginap di mess jadi batal. Padahal, saya ingin sekali merasakan tidur disana dan menuliskan kisahnya. Huahaha 🙈 Akhirnya ada bbrp rencana yg tidak terwujud.
image

Sebagai oleh-oleh, saya membeli bbrp souvenir dari sana. Salah dua-nya adalah kaos ini. Harganya standar, hampir sama dgn bbrp kaos oleh-oleh lain tapi dengan bahan yg jauh lbh bagus. Itung-itung, kalo beli disini, ya ikut nyumbang buat yayasan BOS 😂

Kalo bosan jalan-jalan ke Mal di Balikpapan, kamu harus mulai piknik ke BOS. Yah, biar generasi muda belajar, suatu saat kalo jadi pejabat atau pengusaha jangan serakah-serakah, tetap kudu peka sama lingkungan hidup.

Jangan sampai, karena keserakahan generasi kita, anak cucu kita akan belajar ttg orangutan dan beruang madu malah dari buku-buku sejarah karena populasinya yg kian punah atau malah dari kebun binatang di Luar Negeri.

Biar kita peka terhadap kekayaan fauna dan flora negri kita sendiri.

Semoga.

View on Path

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s