1881 Heritage


Hongkong Heritage Discovery Center atau yang lebih terkenal dengan sebutan 1881 Heritage terletak di bagian utara Kowloon Park. Untuk mencapainya kalian bisa naik MTR Jordan atau MTR Tsim Sha Shui.

Dibandingkan dengan museum yang lain, 1881 Heritage lebih focus pada perkembangan Tsim Sha Tsui dari tahun ke tahun. Barangkali yang membuat bosan adalah isi dari 1881 Heritage tidaklah berbeda jauh dengan isi Hongkong Museum of History. Tapi, jika ingin belajar sejarah Hongkong secara gratis, tempat ini tetap disarankan.

1881 Heritage
1881 Heritage

Misi utama dari tempat ini sangatlah keren yaitu: Discovering The Past, Understanding The Present, and Shaping The Future. Hampir semua museum, yang terkait sejarah, yang sudah saya datangi memuat satu hal yang sama, yaitu mencari sejarah “asal usul” orang Hongkong.

Saya ga nyangka, ternyata orang Hongkong yang demikian maju dan moderat-nya malah cenderung krisis identitas. Ya iyalah, mereka mau disebut apa coba? Kalo disebut sebagai orang Cina, orang Hongkong sendiri “merasa” berbeda, mereka tidak mau disamakan hingga membuat julukan “mainland” pada orang Cina. Mau disebut orang Inggris, tapi kok juga bukan, meski pengennya gitu 😉

Belajar dari beberapa museum yang ada di Hongkong membuat saya teringat pada kata-kata Pramoedya Ananta Toer, “Sejarah adalah tempat kita berpijak. Jika seseorang tidak tahu sejarahnya, maka dia tidak tahu kemana harus melangkah”.

Ini juga sindiran buat bangsa kita, bangsa yang sudah jelas asal usulnya tapi tak pernah mau belajar sejarah.

This slideshow requires JavaScript.

Happy Traveling!

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s