Ketika blogku berzodiak Taurus


Ketika blog-ku berzodiak Taurus

pacarkecilku.com

Bertahun-tahun ngeblog, baru nyadar kalo blog saya pertama dibuat itu 20 Mei, 6 tahun yang lalu, ketika Indonesia merayakan Hari Kebangkitan Nasional.

Dulu, saya menulis di Multiply jaman masih anak bau kencur di kampus. Saya ga nyebut ngeblog, karena menurut Presiden Blogger Indonesia: Multiply itu bukan blog. Padahal jaman itu, saya rajin nulis lho.

Hingga kemudian ada pemberitahuan kalo Multiply akan “hilang” dari dunia maya yg fana ini, maka semua data saya pindahkan ke WP. Hanya dipindah menjadi bentuk draft dan tidak saya post. Saya diamkan saja.

Tulisan saya di WP ini sebenarnya lebih tepat disebut jurnal. Tahun 2008-2009 adalah awal saya mempunyai group touring. Bersama mereka, saya piknik dari satu kota ke kota lain. Dari ujung barat pulau Jawa hingga ujung timur pulau Jawa.

Semua kegiatan saya dokumentasikan di blog ini, termasuk saat saya bekerja hingga keliling Kalimantan, Lombok, Bali, Sumatera, menjelajah Hongkong, Macau, Shenzen, Singapore, Malaysia, Beijing, Phnom Penh, Siem Riep, dan Bangkok.

Ada masa-masa dimana saya malas menulis di blog. Saya menemukan fakta bahwa kadang teman kerja membicarakan ttg tulisan dan trip saya. Beberapa berpendapat menyenangkan, sisanya mencemooh. Awalnya, saya anggap itu hanya sebuah keirian, tapi lama-lama saya bosan dan lelah memahami mereka.

Setelah lama ga pernah update blog –hampir 2,5 tahun– saya menyadari bahwa ternyata memulai untuk menulis lagi itu adalah hal yg sulit. Duduk di depan laptop, memandangi foto-foto dan hanya bengong tak punya ide untuk menulis, padahal sebelumnya ada banyak yg sliweran di otak.

Lucunya, jika pegang hape dan liat Path, saya selalu bisa menulis, panjang-panjang, mengungkapkan ide, kemampuan story telling saya terasah hanya dengan melihat satu gambar.

Ada fasilitas di Path yg membuat setiap saya menulis, tulisan tsb ter-upload di WP saya. Itu sebabnya, jika diperhatikan, saya hanya 2-3 kali upload gambar di Path, tapi selalu disertai dgn tulisan yg panjang-panjang. Maaf. 🙏

Tapi, hanya dengan begitu blog saya bisa update tiap hari. Sesuatu yg dulu bahkan tidak mampu saya lakukan.

Kalo ditanya apakah sekarang saya menuliskan semua traveling saya. Jawabannya tidak.

Sekarang saya lebih suka menulis tentang sudut pandang saya ttg sesuatu hal. Sama seperti dulu pas mata kuliah komunikasi, saya berdiri di depan menjelaskan sebuah gambar dari sudut pandang saya. Dulu, di depan kelas adalah panggung saya. Sekarang, Path dan Blog adalah panggung saya.

Kapan saya menulis? Kapan saja, dimana saja. Kadang saat antri di bank. Kadang saat makan bakso. Kadang saat menunggu pesawat yg delay. Bahkan saat duduk di bus atau kereta api. Saya menulis apa saja yg terlintas di kepala.

Saya masih memiliki prinsip yg sama dgn 6 tahun yang lalu: “lebih baik menulis dan jadi sampah. Daripada tidak menulis dan jadi sampah di pikiran”.

Barangkali, karena blog saya berulangtahun di bulan Mei dan berzodiak Taurus, maka dia terlahir keras kepala. Seperti saya.

Happy Bestday, Blogku.

Menulislah, agar kita berdua tetap waras. 💪

View on Path

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s