Hongkong Star Ferry


This slideshow requires JavaScript.

Selain MTR dan bus, transportasi public yang sering digunakan di Hongkong adalah Star Ferry. Dinamakan Star Ferry karena ke-12 buah feri yang menjadi alat transportasi public untuk menyeberang dari Hongkong Island menuju Kowloon atau sebaliknya, semua memiliki akhiran nama “Star”. Ada yang bernama Morning Star, Glowing Star, Twinkling Star, Solar Star dan masih banyak star-star lainnya.

Jangan bayangkan jika si “star” ini adalah sebuah ferry cantik dan masih baru. Semua ferry ala “Star” sudah berusia puluhan tahun, bentuknya saja seperti ferry tua dan usang. Tapi, jangan salah. Meski tua, tapi Star Ferry sangat bersih.

Star Ferry adalah salah satu alat transportasi yang paling murah di Hongkong. Dari pengalaman beberapa kali naik ferry, rata-rata yang naik adalah turis bule dan orang Hongkong yang tua. Orang muda Hongkong lebih suka naik MTR karena lebih cepat. Maklumlah, orang Hongkong tuh maunya semua yang serba cepat, serba terburu-buru.

Star Ferry mulai beroperasi dari jam 06.30 pagi hingga tengah malam. Biasanya jika cuaca buruk, paling malam jam 07.00 malam. Waktu penyeberangan dari Hongkong Island ke Kowloon umumnya menghabiskan waktu sekitar 15 menitan.

Ada beberapa rute yang dilayani oleh Star Ferry. Pertama, rute Harbour City-Tsim Sha Tsui-Kowloon menuju Central-Hongkong Island. Kedua, rute Harbour City-Tsim Sha Tsui-Kowloon menuju Wanchai-Hongkong Island. Ketiga, rute Central-Hongkong Island menuju Hung Hom-Kowloon (tempat stasiun KCR menuju Shenzhen). Dan keempat, rute Wanchai-Hongkong Island menuju Hung Hom-Kowloon.

Rute yang selalu saya tempuh setiap sore adalah dari Pelabuhan Star Ferry di Wanchai (Hongkong Island) menuju Pelabuhan Star Ferry di Tsim Sha Tsui (Kowloon) PP. Jika hari tidak hujan, ini adalah jalur favorit saya untuk menonton  acara Symphony of Lights. Tentu saja, jika hari hujan, saya memilih naik MTR menuju Tsim Sha Tsui. Tapi, itu adalah pilihan terakhir, karena saya paling suka naik ferry 😉

Lantas, apa hebatnya naik Star Ferry di Hongkong? Ini adalah salah satu jenis tamasya termurah untuk menikmati Victoria Harbour lengkap dengan pemandangan gedung pencakar langit ala Hongkong langsung dari atas air.

Victoria Harbour adalah pelabuhan sekaligus landmark Hongkong Island dan Kowloon yang sangat terkenal. Pada malam hari, pemandangan disekitar Victoria Harbour akan semakin semarak karena dipenuhi dengan hujan cahaya A Symphony of Lights, untuk menikmatinya ada beberapa wisata kapal yang ditawarkan, seperti Duk Ling, Aqua Luna, Ctrip, Wing On Travel, Harbour Cruise Bauhinia, dan tentunya Star Ferry’s Harbour Tour.

Tentu saja semua paket tour tersebut sangat mahal, rata-rata biayanya diatas HK$100 per jam-nya. Sebagai perbandingan Harbour Cruise Bauhinia biayanya diatas HK$400 untuk menikmati 2 jam berlayar. Karena itu buat saya naik Star Ferry adalah salah satu cara menikmati pemandangan Victoria Harbour dengan cara yang sangat murah 😉

Saran saya, untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal, pilihlah tempat duduk di Upper Deck. Nah, kalo pingin duduk di upper deck, yang harus diperhatikan yaitu pintu masuk antara upper deck dengan lower deck berbeda, jadi jangan sampai salah masuk. Tapi jika kalian mudah mabuk laut, saya sarankan untuk duduk di lower deck saja, lebih aman buat yang takut goncangan. Huehehe 😉

Happy Traveling!

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s