Belajar Sejarah di Lokananta


Belajar Sejarah di Lokananta

Hari ini, seorang teman membawa saya menelusuri Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia.

Saya tertarik masuk karena dijanjikan oleh teman melihat banyak Piringan Hitam. Okelah, saya ikut.

Saat pertama kali menginjak Lokananta, saya ditunjukkan banyak peralatan untuk merekam dari masa ke masa. Dahulu kala, pada masanya Lokananta merupakan tempat Gesang, Waljinah, Titik Puspa, Bing Slamet dan masih banyak artis lain merekam suara emas mereka ke dalam master, ke dalam piringan hitam.

Lokananta menyimpan banyak sekali master dari pidato Pak Sukarno, Presiden pertama bangsa ini.

Pada photo diatas, bisa dilihat. Studio di depan saya dibuat sama persis dgn studio musik di Abbey Road Inggris, dengan kualitas yg sama baiknya. Hanya ada 2 negara yg memiliki studio musik yg serupa, Indonesia dan Inggris. Kebayang kan, ini proyek yg sangat prestisius.

Bukan itu saja, Lokananta juga menyimpan seperangkat gamelan milik Pangeran Diponegoro.

Taukah Anda, lagu Rasa Sayange dari Maluku pertama kali direkam dalam piringan hitam di tempat ini, bersama banyak lagu daerah lainnya. Piringan hitam berisi lagu-lagu daerah tsb kemudian dibagikan sebagai cinderamata kepada setiap kontingen Asian Games 15 Agustus 1962.

Maksud hati memang mengenalkan lagu daerah kita kepada Dunia. Apa daya, setelah bbrp tahun lagu Rasa Sayange yg begitu populer di Asia Tenggara kemudian diklaim Malaysia sebagai lagu daerah mereka 😂

Meski Lokananta terdengar begitu hebat, tempat ini pernah mengalami tahun-tahun yg buruk karena generasi kita beralih ke digital musik. Menjadi terlantar karena ditinggalkan oleh konsumen dan jg birokrasi yg rumit di negri kita.

Bbrp tahun yg lalu Glen Fredly lewat #savelokananta pernah mengadakan konser amal di sini. Dilakukan dalam rangka menyelamatkan bangunan dan peralatan berharga Lokananta.

Apakah sudah ada kemajuan? Sudah. Tapi tak banyak. Lokananta tetap butuh perhatian kita dalam perjalanannya menuju Museum Musik di Indonesia.

Mari mulai peduli pada sejarah negri ini. Kita tunggu tanggal maen nya kak Erwin dari komunitas Night at Museum mengadakan “Kelas Heritage” disini.

Yuk kak, kita belajar sejarah! 💪 – with Erwin at Lokananta

View on Path

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s