Pantai Pulau Merah Banyuwangi


Pantai Pulau Merah (Red Island Beach) atau yg dilafalkan oleh penduduk lokal dengan “Pulo Merah” berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Pulo Merah merupakan pantai sunset, karena itu jika ingin menikmati pantai ini, datanglah di sore hari.

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah bukit hijau setinggi 200 meter di tepi pantai. Saat air laut surut, terdapat batu karang yg membentuk jalan agar kita bisa mencapai bukit ini.

Jika kita telusuri, di balik bukit tsb terdapat Pura Segara Tawang Alun, yg posisinya menghadap Samudera Indonesia.

Pura ini dibangun tahun 1980, sempat hancur ditahun 1994 terkena efek tsunami. Pura ini biasanya digunakan dalam Upacara Melasti, upacara yg dilaksanakan sebelum Nyepi. Melasti biasa disebut warga lokal dengan Melis/ Mekiyis.

Seperti yg diketahui, bahwa Blambangan dan Banyuwangi adalah kota-kota yg tak pernah ditaklukan oleh Mataram Islam.

Pada masa pemerintahan Amangkurat I, pernah Tumenggung Wiraguna diperintahkan untuk menaklukan Kerajaan Blambangan, tapi sebelum sampai ke Banyuwangi, Wiraguna meninggal karena dibunuh. Sejak saat itu, Mataram Islam tidak pernah mengirim lagi pasukannya untuk menaklukan Blambangan.

Kerajaan Blambangan sendiri secara agama dan budaya lebih dekat pada Kerajaan-Kerajaan di Bali. Itu karena beberapa Bangsawan dari Blambangan menikah dengan putra-putri dari Kerajaan Bali.

Blambangan dan Banyuwangi memasuki periode Islam setelah ditaklukan oleh VOC.

Banyuwangi memiliki potensi wisata yg sangat banyak, terutama pantai. Pantai-pantai di sisi selatan ini sebenarnya tak beda jauh dengan pantai-pantai di daerah Trenggalek, Pacitan, dan Gunungkidul.

Pasir yang putih, ombak setinggi 2-3 meter, pura di tepi pantai, pandan laut di sepanjang pantai, lautan yg biru, ya namanya juga berbatasan dengan Samudera Indonesia, pemandangannya juga sama.

Perbedaannya Pantai Pulo Merah ini bisa dipakai buat latihan surfing bagi amatir.

Kebanyakan wisatawan mancanegara datang ke pantai ini buat berlatih surfing. Ombak disini lebih aman daripada ombak di pantai G-Land.

Jika Anda berdiri di sisi Pantai Pulau Merah, maka Anda akan melihat bahwa pantai ini berbentuk seperti huruf C yg melengkung luas.

Di pandangan paling ujung, tampak Pantai Mustika. Di pantai Mustika tsb merupakan kampung nelayan. Jika mau jalan kaki, jaraknya hanya 5km dari Pantai Pulau Merah.

Di jalan menuju Pantai Pulau Merah terdapat banyak penginapan jika Anda ingin tinggal selama bbrp hari. Retribusi pantai ini hanya 5ribu per orang, tambah 2ribu buat parkir sepeda motor.

Rute menuju Pantai Pulau Merah cukup mudah. Entah itu Anda datang dari Jember, atau dari Kota Banyuwangi, atau dari Bandara, Anda cukup naik kendaraan menuju Terminal Jajag. Bisa ditempuh dengan kendaraan umum juga.

Dari Terminal Jajag, Anda menuju ke selatan sejauh 36km. Tidak usah khawatir bakal tersesat, asal masih ada cahaya matahari, Anda bisa melihat banyak petunjuk arah menuju Pantai Pulau Merah.

Jangan khawatir soal makanan. Di sepanjang jalan menuju pantai, Anda bisa membeli Buah Naga Merah dgn harga murah. Lalu, Anda bisa makan seafood sak-mblengere 😂

pacarkecilku.jpg

Tertarik berlibur ke Pantai Pulau Merah?

Happy Traveling! – at Red Island Banyuwangi

View on Path

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s