Tahu & Takwa Bah Kacung Kediri


pacarkecilku.jpg

Makanan khas apa yg Anda pikirkan jika bertandang ke Kota Kediri?

Saya berpikir tentang Tahu Takwa. Tahu sendiri bukan makanan khas negri kita. Tahu adalah kuliner yg dibawa oleh bangsa perantau Cina.

Para perantau ini bukan saja membawa budaya seni, tapi juga budaya kuliner. Kita menyebutnya sebagai kuliner keturunan. Barangkali, diantara semua kuliner yg kita kenal, kuliner khas bangsa Cina adalah kuliner yg paling banyak mempengaruhi selera lidah kita. Tahu, salah satunya.

Bah Kacung, yg nama aslinya Lauw Soen Hok hidup di era 1912-1966. Dia bermigrasi dari Cina Daratan menuju wilayah Nusantara.

Dialah pelopor Tahu Takwa yg terkenal di Kota Kediri. Tahu Takwa adalah tahu berwarna kuning, karena menggunakan rendaman air kunyit sebagai pewarna.

Barangkali inilah akulturasi dgn budaya kita. Kunir/Kunyit dalam budaya nusantara kita biasa digunakan dalam bumbu masak.

Tahu kuning memiliki kepadatan yg lbh baik daripada Tahu Putih, sehingga tidak hancur saat dipotong. Kunyit nya juga memberi aroma dan rasa yg berbeda, menjadi khas.

Konon, air Kota Kediri dianggap memiliki kadar yg sama dgn di Cina. Ini yg menyebabkan kualitas Tahu dari Kediri berbeda dgn kota-kota di sekitarnya, meski dibuat dengan resep yg sama.

Tahu & Takwa Bah Kacung saat ini sudah 3 generasi. Meski telah banyak penjual Tahu dgn berbagai merk, tapi Tahu & Takwa Bah Kacung tetap menjadi tujuan wisata kuliner yg terkenal bagi wisatawan.

Berminat mencoba?

Happy Culinary 😘 – at Tahu & Takwa Bahkacung

View on Path

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s