Memetik Jambu di Kampung


Hasil jerih payah hari ini:
Jambu 6kg 😂

Enaknya tinggal di desa adalah maen ke rumah siapa saja sambil metik buah.

Hari ini ceritanya maen ke rumah teman Bapak. Bapak dulu pengurus ORARI, PMI, dan Komunitas Bonsai se-Kabupaten di kampung. Jadi, punya banyak teman dimana-mana.

Kalo liburan gini dan pas saya mudik pasti ditelp: “Jambu di rumah pas musim berbuah lho, biasanya pipit mau?”

Langsung saya meluncur. Khusus buat manjat pohon jambu. Dapat 6kg dari 2 rumah yg beda. Kemaren sih dapet 3kg jambu, tapi udah habis di lutis semalam.

Waktu kecil, waktu rumah belum sebesar sekarang, bapak punya 4 varietas jambu yg berbeda. Maklum, bapak hobby mblusukkan ke hutan sampe Jambi – Bengkulu sono buat nyari tanaman yg di-Bonsai. Jadi punya bibit jambu dari tempat-tempat jauh.

Seiring waktu, banyak tetangga yg cangkok pohon jambu dari rumah. Eh sekarang, pohon jambu dirumah udah dibabat semua.

Alhamdulillahnya, setiap orang yg dulu cangkok di rumah, kalo pohon jambunya berbuah ga lupa ngirim ke rumah. Minimal telpon lah, nyuruh saya main. Jadi, saya bisa pake alasan buat panjat pohon orang 💪

Ga tau juga nih, kenapa sekeluarga hobby banget sama lutisan – rujakan buah. Ga bisa liat pohon tetangga buah. Bawaannya pingin mintak ajah.

Kadang kalo perjalanan darat ke Lampung Tengah atau Lampung Timur, ya gitu, sambil lewat kampung orang liat pohon jambu, trus komen: “jambunya buah sampe jatuh-jatuh kok ga ada yg ambil?”.

Ini kalo di kampung semacam bahasa kode, kalo artinya “lagi panen jambu ya, mintak donk” 😂 Biasanya sih langsung dijawab: “Ambil ajah mbak. Kita udah bosen. Jambunya cuma dimakan codot”.

Hap hap! Langsung deh, ambil kresek petik sebanyak – sebisanya – semampunya.

Tentang buah ini, cerita paling unik tentu di rumah saya. Masa-masa saya SMA – Kuliah, halaman rumah di buat anjang-anjang yg tanaman rambatnya adalah anggur Australia yg hitam manis.

Kalo lagi berbuah, dijamin deh. Tiap yg lewat pasti mintak. Bahkan pernah ada yg naik motor dan masuk ke got se-motornya gara-gara terpesona pada buah anggur yg gemelantungan di halaman rumah.

Sayang, pohon anggurnya dah mati, seiring Bapak yg sakit dan kemudian meninggal dunia. Kami anak-anaknya terlalu malas merawat. Begitulah.

Eh kok syedih? Gpp. Toh, pada akhirnya, banyak orang yg ambil bibit dari anggur Bapak. Sapa tau, besok atau tahun depan, ada yg baca tulisan ini dan telpon sambil bilang: “pit, anggur di kebun ku buah. Kamu mau panen?”

Ahahahay 😂

Selamat Panen, teman-teman. Ku tunggu telponnya yaaa

View on Path

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s