Statue Square


This slideshow requires JavaScript.

Nama asli tempat ini adalah Royal Square. Ini adalah ruang public yang pertama kali dibangun setelah Hongkong melakukan reklamasi di akhir abad 19. Dinamakan Royal Square karena di tahun 1896 didirikan patung Ratu Victoria untuk memperingati The Golden Jubilee dari Ratu Victoria, Ratu dari Kerajaan Inggris Raya.

Pada masa pendudukan Jepang, patung ini disingkirkan dan dibawa ke Jepang. Setelah perang dunia kedua berakhir, patung dikembalikan ke Hongkong. Namun, patung tersebut tidak “dipasang” lagi di Royal Square, melainkan di Causeway Bay sejak 1957. Sejak itu, taman di Causeway Bay dikenal dengan Victoria Park.

Royal Square beralih nama menjadi Statue Square, saat ini satu-satunya patung yang ada di Statue Square adalah patung dari Sir Thomas Jackson. Beliau adalah Chief Manager dari HSBC Limited di tahun-tahun awal. Bahkan jalan di depan Hongkong Legislatif Council Building dinamakan Jackson Road untuk mengenang jasa-jasa beliau bagi perekonomian Hongkong.

Menjelang sore, Statue Square penuh dengan muda-mudi yang sibuk menikmati fasilitas wifi gratis atau berkumpulnya para orang-orang tua Hongkong untuk berkumpul dengan teman-temannya. Barangkali memang seperti inilah yang juga negara kita butuhkan, ruang public dengan fasilitas wifi yang nyaman dan bersih. Semoga!

Happy Travelling 😉

Advertisements

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s