pacarkecilku


Banyak teman yang bertanya kenapa blog ini bernama ♥pacarkecilku♥. Padahal untuk nama blog, saya sudah menggunakan nama ini sejak tahun 2006.

Sebenarnya di pacarkecilku.multiply.com saya sudah menjelaskan asal muasal nama ini. Tapi nampaknya tetap jadi bahan pertanyaan bagi beberapa orang, kenapa saya menggunakan nama ini.

Tapi baiklah saya jelaskan. Dulu pas jaman saya masih abegeh. Saya dan sepupu sangat menyukai seorang penyair bernama Joko Pinurbo. Sepupu saya, bahkan meng-koleksi hampir semua buku puisi yang ditulis oleh beliau. Penyair ini biasa dipanggil dengan sebutan Jokpin.

Nah, ♥pacarkecilku♥ merupakan salah satu judul dari puisi Jokpin dan juga dijadikan sebagai judul salah satu bukunya dari trilogi kumpulan puisi Joko Pinurbo: “Kepada Cium dan Celana Pacarkecilku di Bawah Kibaran Sarung”.

pacarkecilku
pacarkecilku

Puisi ♥pacarkecilku♥ ditulis sekitar tahun 2001, diperuntukkan khusus bagi putri beliau: Anggra. So, kata ♥pacarkecilku♥ dalam puisi ini bisa diterjemahkan sebagai “putri” atau “anak” bukan kekasih 😉

Judul puisi inilah yang mengilhami nama blog ini. Nama ♥pacarkecilku♥ selalu membuat saya berpikir, bahwa blog ini bagai seorang putri bagi saya maka dia perlu dirawat dan dibesarkan dengan baik. Bisa juga diterjemahkan dengan cara yang sedikit lain bahwa blog ini adalah hadiah kecil bagi putri saya kelak. Sebuah catatan kecil perjalanan hidupku –ibunya– kelak 😉

Meski nama blog ini terinspirasi oleh puisi ♥pacarkecilku♥ karya Jokpin, akan tetapi blog ini tidak ada kaitannya dengan puisi ♥pacarkecilku♥ ataupun Sang Penyair ♥Joko Pinurbo♥. Satu-satunya yang bisa dijadikan nasab antara si penulis blog dengan Jokpin, hanyalah kecintaan dari si penulis blog kepada karya-karya Jokpin, sehingga tidak berlebihan rasanya jika penulis meminjam ♥pacarkecilku♥ dari Sang Maestro.

Ohiya, meski saya belum beruntung diberi kesempatan untuk bertemu langsung dengan beliau. Tapi saya sempat beberapa kali ngobrol dengan beliau via dunia maya dan minta ijin menggunakan nama ♥pacarkecilku♥ sebagai nama blog ini. Alhamdullilah direstui 😉 *senyum bahagia*

Demikianlah nama blog ini berawal. Semoga menjadi sesuatu yang abadi. Amien. Untuk lebih jelas monggo langsung meluncur ke blog Joko Pinurbo untuk menikmati puisi  ♥pacarkecilku♥.

Mari kita cintai puisi dalam negeri ;-).
Merdeka!!!

Advertisements