[Notes] Motor, Helm, dan Bule


Kalo anda seperti saya, yang suka mblusukkan ke kota lain dengan low budget, maka sewa motor adalah pilihan utama. Sebenarnya sich tergantung sikon, kalo memang ada teman yang mau diajak join, sewa mobil bisa lebih murah untuk kantong. Tapi kalo sendirian, semisal saya harus menginap seminggu di kota lain dan tidak sedang dalam acara dinas, pilihannya selalu jatuh pada sewa motor.

Kalo holiday-nya di Bali atau di Lombok, mencari penyewaan motor itu mudah. Di Bali, sewa motor umumnya 50ribu per hari untuk motor matix, sedangkan untuk motor manual 35ribu per hari, ini untuk daerah wisata dan pantai lho. Kalo mau lebih mblusukkan ke dalam, sewa motor bisa jauh lebih murah lagi.

Tapi jangan salah, kalo ga tau harga pasaran, sewa motor bisa mahal. Contohnya ajah, juragan saya pas nginep di Denpasar, nyewa matix kena charge 75ribu per hari, padahal saya yang nginep di pantai Kuta dapat 45ribu per hari untuk sebuah Jupiter ;-) Jadi nyewa motor itu kayak beli baju, kudu ngerti harga pasaran.

motor yg saya sewa di Bali

motor yg saya sewa di Bali

Cerita uniknya, mas pemilik motor (yg ternyata orang Kediri) itu percaya banget sama saya, kasih motor, STNK, padahal saya ga ngisi blangko apapun, bahkan ga saya depe. Nyehehe! ;-) Motor Jupiter ber-sticker “Laskar Bali” ini menyelamatkan saya ke banyak tempat. Salah satunya pas sendirian kehujanan di Bedugul ;-)

Cerita jadi lain pas saya mblusukkan di Balikpapan. Berhubung di sana hanya ada sewa mobil, saya ga kurang akal, saya pinjem motor direktur hotelnya dan selama beberapa hari saya pake mblusukkan ke daerah-daerah yang jarang dilewati angkutan umum kayak Borneo Orangutan Survival, Bukit Soeharto, pantai-pantai di Kutai Kartanegara bahkan saya pake mblusukkan ke Banjarmasin. Nyahaha! Pas saya balikin motor, dijamin si direktur pasti kaget liat perubahan angka di odometer-nya.

Lain cerita pas saya ke Lombok. Sewa motor di Lombok jauh lebih murah, cuma 35ribu doank per hari, ga pake nawar! Sayangnya karena ga hati-hati pilih motor, ban motor saya kempes malem-malem di Pantai Senggigi dekat Pelabuhan Bangsal.

Bayangin ajah gelap, malem, ga ada lampu jalan, kiri bukit batu, kanan jurang, dan saya ndorong sekitar 1,5km ke arah Mataram karena ga ada rumah di sepanjang jalan. Duwh cenat cenut gegara takut plus capek. Unfortunely, jalannya tuh nanjak, kebayang ga menderitanya saya. Sekalinya ketemu tambal ban, namanya PERES BAN ;-) Nyahaha! Kalo inget jaman itu, bisa ngakak sendiri!

PERES BAN di Senggigi Lombok

PERES BAN di Senggigi Lombok

Meski begitu, saya pernah lho dari Pelabuhan Bangsal naek taksi ke arah Cakranegara lewat Hutan Pusuk yang penuh dengan monyet-monyet. Nggaya banget khan? Sok banyak duit ;-)

Bali merupakan tempat yang paling banyak memiliki penyewaan motor. Umumnya yang nyewa motor adalah bule. Mereka menyewa sampai berbulan-bulan, sesuai masa liburan mereka. Menurut saya, bule itu kalo naik motor yak-yak-an gitu, ngasal! Belum lagi kalo ngeliat bule cewek cuma pake BH dan celana super pendek di tengah hari yang terik. Wiiihhh wong saya ajah meski pake celana pendek ya tetep pake jaket, ini kok nggaya! *ngomong pake muka sirik*

Di Bali juga saya ngeliat bule paling banyak ditilang oleh Polisi. Nyehehe! Ini lucu lho, soalnya kalo di Jogja, kayaknya pribumi-lah yang paling banyak di tilang, termasuk saya ;-)

Bule dan helm nya

Bule dan helm nya

Lucunya lagi, bule di Bali itu paling “tertib” jaga helm. Kayaknya takuuuttt banget kehilangan helm, padahal kalo dilihat, helm mereka juga bukan jenis helm yang mahal kok. Ngeliat mereka di parkiran tuh, kayaknya ada banyak banget yang “dikunci” biar aman. Kadang, bahkan di tas ransel mereka, helm di ikat trus dibawa kemana2. Nyeehhh apa mereka ga tau ya, kalo helm itu bisa dikunci di jok motor ;-)

Nah, cerita terlucu ya pas di Gili Trawangan. Bahkan sepeda pun sampai dirantai ke pohon di parkir-an sama mas-mas  bule saking takutnya ilang. Ya ampyuuun mas bule, emang perlu segitunya yaaa? ;-) Nyahaha!

Ada yang mau share cerita lucu terkait sewa motor ;-) ?

Tulisan Terbaru:

About these ads

3 comments

  1. Si Yudi · · Reply

    Baca2 blog ini pengen liburan terussssss…..udah ah….cabutttt dulu…

    1. hihihiihi, sengaja di tulis biar semua orang kena virus hobby jalan-jalan ;-)

  2. wah jalan2 di lombok lewat hutan pusuk yah ?
    mantap itu
    saya juga dengan istri pake skutik lewat situ.
    indah banget,dan unik karena ada monyet2nya.

    kalau motor sewa sih emang Bali surganya yah. Kemana2 bule pake skutik dengan selancarnya. Bahkan sampai pantai tanjung aan di lombok yang jalannya sudah tidak bagus lagi, tetap saja ada bule dengan skutiknya hehehehe

    nice posting,friend.
    Tulisannya cukup memberi inspirasi dan memberi godaan untuk terus travelling hehehehehe

    kalau sempat kunjungi blog aye yah.
    ini juga baru belajar nge-blog nih.
    http://www.dutawisataindonesia.wordpress.com
    sy juga suka jalan2 tapi baru awal tahun ini kepikiran bikin blog.
    yah sekedar bagi2 pengalaman ama yg suka jalan2. Kadang2 percuma cuap2 ama orang yang gak suka jalan2, ujungnya dibilang pamer lah …

    oke thanks, mate

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,870 other followers

%d bloggers like this: