[Culinary] Nasi Jinggo


Malam terakhir tinggal di Bali, ada sesuatu yang kata Chandra ga boleh ketinggalan, makan nasi Jinggo!

Saya telusuri pelan-pelan sepanjang jalan di Kuta, tengok kanan kiri, tapi tak juga menemukan. Akhirnya, saya malah berhenti di sekitar patung Gatotkaca Seraya di daerah Tuban, dan mengambil sejumlah foto. Acara photo-photo inipun berhenti gegara melihat pasangan muda mudi yang lagi asyik masyuk di sekitar patung. Wah ga enak juga kalo ganggu orang pacaran, nyehehe ;-)

Balik ke motor yang saya parkir-an di depan sebuah tempat jualan pulsa, saya baru ngeh kalo di sepanjang trotoar yang remang-remang di daerah tersebut ternyata banyak penjual Nasi Jinggo yang lagi mangkal. Yeay, ini yang saya cari!

Nasi Jinggo Banyuwangi

Nasi Jinggo Banyuwangi

Pedagang Nasi Jinggo yang pertama saya temui, adalah seorang bapak berasal dari Banyuwangi. Si Bapak berjualan tak jauh dari Joger, yah kira-kira 200-an meter dari Joger Kuta. Bapak penjual ini menjual nasi Jinggo dengan gerobak. Pas tau kalo saya juga berasal dari Jawa, dia langsung bilang, “nasi jinggo buatan saya dijamin halal mbak!”. Huahaha. Padahal kan saya belom tanya pak? ;-)

Ohiya, kalian tau apa itu nasi Jinggo? Nasi Jinggo itu kalo di Jogja, kayak nasi kucing di Angkringan. Bedanya, nasi Jinggo porsinya lebih besar. Kebetulan, nasi Jinggo Banyuwangi yang saya beli ber-menu nasi, mie goreng, ayam suwir, dadar telor yang dipotong tipis-tipis, sambal merah pedas, dan sayur santan nangka muda pedassss. Seporsi harganya 3ribu, ini murah lho jika kalian ngeliat porsi nasinya yang cukup banyak.

Sebenarnya saya membeli 2 porsi yang mantabh, porsi besaarrrr hanya untuk perutku. Nyahaha! Sayangnya, begitu sampai di hotel, saya bertemu dengan dua teman, yang terlihat menyedihkan, kehujanan dan kelaparan ;-(  Jadi terpaksa, nasi Jinggo yang akan saya makan, saya sumbangkan ke mereka.

Besoknya, siang hari sebelum ke bandara, bus yang saya naiki berhenti di dekat Patung Gatotkaca Seraya. Lagi-lagi ngemper di tempat yang sama, bedanya kali ini di siang hari.

Nasi Jinggo Bali di Jalan Raya Tuban

Nasi Jinggo Bali di Jalan Raya Tuban

Nah, kalo siang gini, semuanya baru jelas terlihat. Di ujung jalan Raya Tuban, ada sebuah warung makan yang menjual Nasi Jinggo yang cukup ramai. Namanya Warungku 2 cabang Tuban. Sambil pesan seporsi nasi Jinggo, saya ngobrol dengan penjualnya tentang menu nasi Jinggo.

Menu Nasi Jinggo dan Nasi Pedas di Jalan Raya Tuban

Menu Nasi Jinggo dan Nasi Pedas di Jalan Raya Tuban

Kalo menurut mbak cantik yang jualan kali ini, menu nasi Jinggo itu hampir sama dengan menu Nasi Pedas, sambelnya itu lho yang jadi menu andalan. Bedanya, kalo Nasi Jinggo harganya jauh lebih murah daripada Nasi Pedas. Seporsi Nasi Jinggo di warung makan ini dihargai 3ribu seporsi, sedangkan kalo Nasi Pedas ya tergantung mau pake menu apa, baru ditentukan harganya. Nah, teman saya memesan seporsi Nasi Pedas dengan 7 macam menu lauk plus sayur dihargai 5500 seporsi. Murah khan?

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo

Kata mbak penjualnya, umumnya Nasi Jinggo dibedakan cuma dua, pake ayam suwir atau pake daging. Kalo kalian ragu dengan ke-halal-an nya, ya sebelum makan baca Bismillahirrohmanirrohim, dijamin semua aman terkendali kok ;-)

–Selamat Mencoba–

Tulisan Terbaru:

About these ads

5 comments

  1. Sobat Bercahaya · · Reply

    sambalnya ya sedap ya mba…
    emang sambal sering dijadikan ciri khas suatu masakan ya, kaya di sini banyak ayam penyet tapi rasa sambalnya beda2.

    1. menurutku selain Sumatera, Lombok dan Bali adalah surga makanan karena sambel nya enak, maknyozzz gitu lah. Aku keliling SG ga ada tuh sambel yg seenak Indonesia. Masih lebih cinta makanan dalam negeri lidah ku ;-) moga2 next time bisa jalan2 ke KL

  2. DebbZ · · Reply

    nasi jinggo emang enakkkk tapi sayang perutku sering ga tahan kena judesnya sambal, hihihi :p

  3. DebbZ · · Reply

    Nasi jinggo emang enakkkkk tapi sayang perutku sering ga tahan ama judesnya sambal, hihihi :p

    1. sama donks mbak, saya juga gitu kok
      sering mules-mules gara2 sambelnya ;-)
      tapi kalo pas ke Bali kangeeen maem nasi jinggo, heuehe

monggo silahkan nyinyir disini ;-)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,683 other followers

%d bloggers like this: